Advertisement

Eks Hotel Mutiara Mulai Direnovasi, Tahun Depan Ditargetkan Selesai

Stefani Yulindriani Ria S. R
Senin, 22 Mei 2023 - 22:07 WIB
Maya Herawati
Eks Hotel Mutiara Mulai Direnovasi, Tahun Depan Ditargetkan Selesai Hotel Mutiara di Jl. Malioboro Kota Jogja. - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJAPembangunan fisik atau renovasi eks Hotel Mutiara yang diproyeksikan akan menjadi sentra Usaha Kecil Menengah (UKM) berbasis ekonomi kreatif (ekraf)  mulai dilakukan. Ditargetkan bangunan tersebut akan dapat digunakan akhir 2024. 

Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY Srie Nurkyatsiwi menyampaikan eks Hotel Mutiara akan pembangunan fisik eks Hotel Mutiara telah berlangsung sejak bulan ini. Pembangunan dengan anggaran Rp.23 miliar tersebut menurut Siwi akan dilakukan dengan melakukan rehabilitas gedung eks Hotel Mutiara serta melakukan penataan interior gedung tersebut. Diperkirakan gedung tersebut dapat digunakan mulai tahun depan. 

Advertisement

“Pastinya tahun ini belum selesai secara total. Kita membangun pertama sesuai dengan perencanaan. Kita siapkan dulu, kita bangun dulu dari sisi sarana prasarana, dalam sisi gedungnya. Di gedung nanti ada interior, itu di tahap berikutnya,” ucapnya, Minggu (21/5/2023). 

Srie memproyeksikan gedung tersebut akan menjadi sentra pelaku UKM berbasis ekonomi kreatif (ekraf). Nantinya sejumlah UKM yang telah lolos kurasi akan dapat mempromosikan ide dan produknya di gedung tersebut. 

“Di situ kami jual produk dan ide. Disitu akan jadi pusat pelaku ekonomi kreatif yang nantinya produknya ada disitu, jualannya disitu. Namun harus memenuhi standar yang kita tentukan, seperti lolos kurasi,” katanya.  

Menurut Srie pelaku UKM yang dapat menempati gedung tersebut harus terdaftar dalam Sibakul, kemudian juga harus memiliki manajemen keuangan, Sumber Daya Manusia (SDM), dan kelembagaan yang baik. 

Digadang-gadang sebagai sentra UKM, Siwi menyampaikan gedung tersebut akan dilengkapi dengan sejumlah fasilitas yang menunjang promosi produk UKM, antara lain ruang display dan kreasi produk UKM, Ada pula ruang publik, ruang edukasi, dan ruang inkubasi bisnis yang mendukung perkembangan UKM. “Kami harapannya bisa segera dioptimalkan, dimanfaatkan sesuai rencana semula,” katanya. 

BACA JUGA: Satpol PP Akan Tutup Restoran dan Agrowisata di Lahan Tanah Kas Desa, Ini Lokasinya..

PJ Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Wiyos Santoso menyampaikan pembangunan gedung eks Hotel Mutiara tersebut dilakukan untuk mendukung perkembangan UKM DIY. “Dari awal kita diadakan itu untuk memperkuat UKM kita supaya dapat naik kelas, terkait kualitas barang yang diperdagangkan maupun dari nilai penjualannya,” ucapnya. 

Menurut Wiyos dengan fasilitas yang akan tersedia di gedung tersebut, seperti ruang pameran dapat difungsikan untuk mendukung promosi produk UKM. “Kami sediakan tempat di eks Hotel Mutiara, disitu kita sediakan ruang pameran juga untuk UKM,” katanya.  

Promosi tersebut menurut Wiyos dimaksudkan untuk memperkenalkan UKM DIY kepada pengunjung di kawasan Malioboro. Wiyos menyampaikan sebelum menempati gedung eks Hotel Mutiara, pelaku  UKM akan dikurasi terlebih dahulu oleh Dinas Koperasi dan UKM DIY.

Setelah lolos kurasi, maka pelaku UKM dapat menempati gedung tersebut. Sehingga pelaku UKM yang telah memenuhi ketentuan dalam kurasi produk yang dapat menempati gedung tersebut. Upaya tersebut menurut Wiyos dilakukan untuk mendukung agar  UKM DIY dapat naik kelas. “Kami berikan ruang untuk UKM yang kami didik, kami naikkan kelas, kami kasih ruang di sana,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

ASN Akan Dipindah ke Ibu Kota Nusantara Secara Bertahap hingga 2029, Ini Prioritasnya

News
| Jum'at, 19 April 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement