Advertisement

Kemenag Jogja Minta Jemaah Calon Haji Tak Sibuk Swafoto saat di Tanah Suci

Hadid Husaini
Kamis, 25 Mei 2023 - 19:47 WIB
Arief Junianto
Kemenag Jogja Minta Jemaah Calon Haji Tak Sibuk Swafoto saat di Tanah Suci Ibadah haji. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kemenag Jogja meminta jemaah yang berangkat haji tahun ini bisa lebih khusyuk dalam beribadah. Hal itu lantaran selain cuaca di Tanah Suci yang diperkirakan ekstrem, rangkaian ibadah haji cukup panjang.

Berbagai barang bawaan yang dapat mengganggu jalanya ibadah diharapkan dapat diminimalkan, seperti misalnya penggunaan alat komunikasi.

Advertisement

Kepala Seksi Pelaksanaan Ibadah Haji Kemenag Jogja, Muhammad Tahrir menyampaikan bahwa jemaah calon haji hendaknya memenuhi kaidah etika dan mengedepankan kekhusyukan.

"jangan sampai ibadah terbengkalai atau kurang khusyuk, mending hal-hal yang tidak ada kaitannya dengan ibadah, ditinggalkan atau paling tidak diminimalkan," kata dia, Kamis (25/5/2023).

BACA JUGA: Maskapai Larang Jemaah Haji Bawa Barang Titipan ke Pesawat

Menurut dia, penggunaan alat komunikasi dikhawatirkan dapat mengalihkan fokus ibadah seperti asyik berswafoto dan mengabadikan momen saat jemaah lain sedang beribadah.

Perilaku tersebut dapat membuat jemaah lain dapat merasa risih karena kurang sesuai dengan adat istiadat yang sewajarnya.

Oleh sebab itu, dia meminta jemaah untuk bisa mengikuti komando regunya masing-masing supaya lebih mudah dalam berkoordinasi.  "Kami harapkan untuk tidak ada indisipliner. Kami ibaratkan  seperti  komando militer,ada batalyon kloter dibantu komandan kompi dan komandan peleton. Semua mengikuti perintah sehingga mudah dikendalikan," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Buka Opsi Penyidikan Dugaan TPPU Dana Hibah APBD Provinsi Jawa Timur

News
| Sabtu, 20 Juli 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Ini Dia Surganya Solo Traveler di Asia Tenggara

Wisata
| Kamis, 18 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement