Advertisement

200 Mahasiswa UGM akan Dilibatkan Cek Kesehatan Hewan Kurban

Abdul Hamied Razak
Selasa, 30 Mei 2023 - 16:17 WIB
Abdul Hamied Razak
200 Mahasiswa UGM akan Dilibatkan Cek Kesehatan Hewan Kurban Ilustrasi pemeriksaan kesehatan hewan kurban. - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) DIY akan melibatkan 200 mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada (UGM). Keterlibatan mereka dibutuhkan untuk mengecek kesehatan daging hewan kurban pada saat Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah.

"Nanti akan ada 200 mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) UGM. Mereka dipilih yang sudah memenuhi syarat mengetahui penyakit hewan. Bukan mahasiswa baru," kata Kepala Bidang Peternakan DPKP DIY Erna Rusmiyati, Selasa (30/5/2023).

Advertisement

Menurut Erna, meski dipilih yang telah memenuhi syarat untuk memastikan kesehatan, ratusan mahasiswa terpilih bakal mendapat pembekalan dari DPKP DIY pada Juni 2023.

BACA JUGA: Kasus Korupsi Perawatan SSA Bantul Dinyatakan P21, Tersangka Segera Disidang

Setelah mendapatkan pembekalan, lanjut dia, para mahasiswa akan bertugas memastikan daging hewan kurban aman, sehat, utuh, dan higienis (ASUH) serta layak dikonsumsi sebelum dibagikan ke masyarakat.

Sebanyak 200 mahasiswa UGM, menurut Erna, akan didukung tim dari Dinas Peternakan di kabupaten/kota yang akan membantu melakukan pengecekan kesehatan hewan kurban. "Mereka akan mengecek sebelum dan sesudah penyembelihan," kata dia.

Erna mengatakan saat ini ada dua penyakit hewan kurban yang perlu diwaspadai yakni penyakit mulut dan kuku (PMK) serta wabah baru, yakni penyakit kulit atau virus Lumpy Skin Desease (LSD) yang menyerang sapi dan kerbau.

"PMK masih ada, cuma sudah ada yang kemarin sembuh tapi belum dilaporkan. Sudah ada vaksinasi sehingga diharapkan sudah kebal," ujar dia.

BACA JUGA: Diduga Terima Suap, Oknum Juru Sita di Pengadilan Ditangkap

Sementara itu untuk penanganan sapi yang terjangkit LSD, menurut dia, DIY telah mendapat sebanyak 8.000 vaksin dan telah didistribusikan ke tiap kabupaten. "Yang paling banyak mendapat vaksin LSD di Kabupaten Sleman karena di sana banyak sapi perah," ujar dia.

Selain menerjunkan tim kesehatan hewan, ia meminta para peternak sapi atau domba untuk menjaga kebersihan kandang agar tidak mudah datang bakteri maupun virus yang bisa menyerang hewan kurban.

Masyarakat, lanjut Erna, juga diimbau cermat dalam memilih hewan kurban baik sapi maupun domba dengan memastikab tidak cacat fisik serta sehat.

"Yang jelas tidak cacat, kemudian hidung, mulut, dan mata bersih tidak ada cairan, dan kuku tidak luka. Selain itu, dipastikan tidak ada benjolan yang mengindikasikan LSD," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement