Advertisement

Fashion Show Batik Digelar di Pantai Sepanjang 3-4 Juni 2023

David Kurniawan
Jum'at, 02 Juni 2023 - 23:27 WIB
Maya Herawati
Fashion Show Batik Digelar di Pantai Sepanjang 3-4 Juni 2023 Pantai Sepanjang Gunungkidul - ist - jogjaprov.go.id

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDULPeragaan busana bertajuk Gunungkidul Batik Fashion Beach akan digelar di Pantai Sepanjang di Kalurahan Kemadang, Tanjungsari 3-4 Juni 2023. Rencananya yang tampil tidak hanya para model, tapi juga melibatkan kepala OPD di lingkup Pemkab Gunungkidul.

Kepala Dinas Perindustrian Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Gunungkidul, Supartono, mengatakan Gunungkidul Batik Fashion Beach menjadi rangkaian peringatan hari jadi kabupaten ke-192. Menurut dia, peragaan busana yang diselenggarakan berbeda dengan umumnya fashion show.

Advertisement

Hal ini dikarenakan lokasi yang menjadi penyelenggaraan acara berada di tempat terbuka. Rencananya kegiatan ini berlangsung selama dua hari, mulai Sabtu (3/6/2023) dan Minggu (4/6/2023).

“Umumnya fashion show dilaksanakan di hotel atau mall. Tapi, kami pilih dilaksanakan di pantai,” kata Supartono.

Ia menjelaskan peragaan busana yang mengkreasikan batik ini juga melibatkan 25 industri kecil menengah (IKM) di Gunungkidul. Adapun yang tampil tidak hanya model professional, tapi juga melibatkan kalangan Kepala OPD di lingkup Pemkab Gunungkidul.

“Nantinya juga pameran kreasi batik karya perajin di Gunungkidul,” katanya.

Selain itu, juga ada kegiatan Ayo Membatik untuk pengunjung. Di tempat ini disediakan tutorial dan praktek cara pembuatan batik. “Mudah-mudahan semua bisa berjalan dengan lancar,” kata dia.

BACA JUGA: Ombudsman RI DIY: Pengganti ASPD Jangan Dijadikan Indikator PPDB agar Siswa Tidak Terbebani

Supartono menambahkan, penyelenggaraan ini diharapkan bisa meningkatkan pemasaran dan memperluas jaringan pemasaran produk kreatif terkait fashion, batik kain, dan produk turunanya. “Tentunya juga memperkenalkan produk batik. Semoga acara ini dapat meningkatkan perekonomian IKM Batik maupun desainernya yang juga berasal dari Gunungkidul,” katanya.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Hary Sukmono mendukung penuh penyelenggaraan fashion show batik yang diselenggarakan di Pantai Sepanjang. Menurut dia, kegiatan ini bisa menjadi daya tarik wisatawan, agar tidak hanya melihat pemandangan alam, tapi ada atraksi yang bisa disaksikan.

“Momennya juga libur panjang. Jadi, bisa menjadi daya tarik tersendiri,” katanya.

Menurut dia, didalam pengembangan sektor kepariwisataan ada tiga A yang meliputi atraksi, aksesibilitas dan amenitas. “Tiga A ini sangat penting karena menjadi sarana memberikan suguhan serta keamanan dan kenyamanan bagi setiap pengunjung yang datang,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement