Advertisement

Prostitusi Anak Kerap Terjadi di Hotel, PHRI DIY: Kebanyakan Kelas Melati

Triyo Handoko
Senin, 05 Juni 2023 - 17:27 WIB
Arief Junianto
Prostitusi Anak Kerap Terjadi di Hotel, PHRI DIY: Kebanyakan Kelas Melati Ilustrasi. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Maraknya prostitusi anak di Jogja yang kerap dilakukan di hotel-hotel kecil ditanggapi Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY. Kasus prostitusi anak terbaru berhasil diungkap Polresta Jogja dimana ada lima korban anak pada April lalu.

Ketua PHRI DIY, Deddy Pranowo Eryono menjelaskan kebanyakan kasus prostitusi anak terjadi di hotel kelas melati. “Kalau yang terjadi di hotel yang anggota PHRI DIY tidak ada, tetapi memang ini fenomena yang memprihatinkan,” katanya, Senin (5/6/2023).

Advertisement

Deddy menyebut prostitusi anak kerap terjadi di hotel-hotel kecil yang memiliki sistem keamanan minim. “Biasanya pakai hotel yang keamanannya minim, pengawasannya kurang, seperti tak ada CCTV di area lorong,” ujarnya.

BACA JUGA: Muncikari Prostitusi Anak Tawarkan Gadis 17 Tahun di Michat

Pencegahan prostitusi anak yang terjadi di hotel, menurut Deddy, dapat dilakukan dengan aturan pencegahan yang memadai. “Sekarang ini industry hotel masih menggunakan aturan Kementerian Pariwisata yang prinsipnya menghormati privasi tamu, jadi kalau mau mengecek hal-hal detail susah juga,” jelasnya.

Di sisi lain, industri hotel mesti menghindari dan tak memfasilitasi tindakan kejahatan atau kriminalitas. “Dalam aturan itu ada dilarang memfasilitasi hal-hal yang melanggar hukum, tapi itu tadi privasi diutamakan, artinya perlu aturan untuk memperketatnya,” ujarnya.

Pengetatan pengawasan industri hotel agar tidak dijadikan tempat prostitusi anak, lanjut Deddy, dapat diinisiasi Pemda DIY. “Pemda dapat mengeluarkan regulasi mekanisme pengawasan pada manajemen hotel ke pengunjung dengan bijak, untuk mencegah prostitusi anak,” terangnya.

Pengawasan oleh manajemen hotel, sambung Deddy, dapat dilakukan agar mencegah prostitusi anak. “Prinsipnya memang harus beriringan dengan menghormati tamu, itu bisa berjalan beriringan,” ucapnya.

Prostitusi anak, tegas Deddy, hanya memperburuk citra Jogja dan dapat berdampak buruk ke kunjungan wisatawan. “Memang harus diberantas, kami tidak ingin memfasilitasi hal demikian sebagai manajemen hotel, cuma hanya mencoreng citra Jogja saja,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Perpanjang Kenaikan HET Beras Premium untuk Jaga Stok di Pasaran

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement