Advertisement

Dampak Tawuran, Museum Ki Hajar Dewantara Diminta Dilengkapi Pagar Pengaman

Newswire
Selasa, 06 Juni 2023 - 22:37 WIB
Maya Herawati
Dampak Tawuran, Museum Ki Hajar Dewantara Diminta Dilengkapi Pagar Pengaman Ketua Umum Barahmus DIY Ki Bambang Widodo menunjukkan koleksi peninggalan Ki Hajar Dewantara di Museum Dewantara Kirti Griya (DKG), Kota Jogja - Antara/HO - Barahmus DIY

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sejumlah benda di Museum Dewantara Kirti Griya (DKG), aset cagar budaya peninggalan Ki Hajar Dewantara rusak akibat tawuran di Jalan Tamansiswa Minggu (4/6/2023) malam. Badan Musyawarah Musea (Barahmus) DIY museum dilengkapi bangunan pagar pengaman.

"Kalau pagarnya bisa dibangun oleh Yayasan Persatuan Perguruan Tamansiswa. Tapi bisa juga mengajukan bantuan ke Pemda DIY," ujar Ketua Umum Barahmus DIY Ki Bambang Widodo saat dihubungi di Jogja, Selasa (6/6/2023).

Advertisement

Selain benda cagar budaya, pintu museum hingga pot bunga di kompleks itu juga rusak.  "Kami mengutuk keras massa yang melarikan diri masuk Museum DKG Tamansiswa, mengakibatkan benda koleksi meja dan kursi tamu, pot taman rusak, dan pintu museum belakang jebol," ucap dia.

Selain dibangun pagar pengaman, menurut Bambang, perlu pula dibuatkan pintu masuk menuju halaman musuem yang berada di kompleks Perguruan Tamansiswa itu.

Bambang berharap Asosiasi Museum Indonesia (AMI) dapat mempercepat program pemberian bantuan pembangunan taman untuk Museum DKG Tamansiswa Tahun 2023.

Terkait kerusakan akibat bentrokan kelompok massa itu, Barahmus DIY juga menyarankan pihak pengelola museum membuat laporan kepada kepolisian.

Ia juga mengimbau pengelola Museum Dewantara Kirti Griya lebih aktif mempublikasikan terkait koleksi serta aktivitas di musuem melalui berbagai media, sehingga masyarakat mengetahui dan ikut melindungi.

Museum Dewantara Kirti Griya tercatat sebagai Situs Cagar Budaya Peringkat Nasional berdasarkan Keputusan Mendikbud RI No.243/M/2015.

BACA JUGA: Bagian dari JJLS, Jembatan Pandansimo Dibangun Tahan Gempa, Begini Penjelasannya

Musem yang menyimpan benda-benda peninggalan Ki Hajar Dewantara itu mendapat penghargaan Indonesia Museum Award Purwakalagrha kategori Museum Tercantik Tahun 2015.

Petugas Keamanan

Kepala Seksi Permuseuman Dinas Kebudayaan DIY Sony Saifudin mengatakan terkait perlu atau tidaknya pagar pengaman merupakan kebijakan dari pihak museum.

"Jadi memang itu kami tidak bisa mengharuskan, cuma yang kami pastikan memang ada pengawasan dari museum agar benda-benda itu tetap terlindungi," kata dia.

Saat ada kunjungan tertentu, menurut dia, biasanya pihak museum telah menggandeng petugas keamanan, akan tetapi pengendalian dampak kerusakan sulit dilakukan jika muncul kerusuhan seperti yang terjadi pada pekan lalu.

"Kejadian-kejadian seperti kemarin di mana ada chaos atau huru-hara memang riskan terkena dampak karena sangat-sangat tidak terkendali, sehingga bisa saja sesuatu yang sudah kita lindungi kalau ada tindakan anarkis tetap bisa merusak juga," kata dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Setelah Lima Hari, 2 Wisatawan yang Berenang di Zona Hahaya Pangandaran Ditemukan Tewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement