Advertisement

6 Jemaah Calon Haji Gunungkidul Masih Menunggu Kloter Keberangkatan

David Kurniawan
Rabu, 07 Juni 2023 - 13:17 WIB
Sunartono
6 Jemaah Calon Haji Gunungkidul Masih Menunggu Kloter Keberangkatan Ibadah haji / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Pemberangkatan calon jemaah haji asal Gunungkidul dilaksanakan Rabu (7/6/2023). Meski demikian, hingga sekarang masih ada enam jemaah yang menunggu pembagian kloter untuk keberangkatan.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kemenag Gunungkidul, Taufik Ahmad Sholeh mengatakan, total kuota yang diperuntukkan bagi calon haji asal Gunungkidul sebanyak 416 orang. Namun ada tiga orang yang gagal berangkat karena sakit dan meninggal dunia.

Advertisement

Hal ini berarti yang dipastikan berangkat hanya sebanyak 413 orang. Adapun 407 sudah mulai berangkat ke Tanah Suci sejak Rabu pagi. “Masih ada enam jemaah yang belum berangkat,” kata Taufik, Rabu siang.

BACA JUGA : Terbagi 3 Kloter, Jemaah Calon Haji Gunungkidul Berangkat

Menurut dia, keenam orang ini masih menunggu kepastian berkaitan dengan kloter pemberangkatan. Kloter belum ditentukan karena adanya penambahan kuota sebanyak 8.000 orang. “Enam orang ini masuk dalam tambahan kuota haji yang diperoleh Pemerintah Pusat,” katanya.

Taufik memastikan calon jemaah itu dipastikan tetap akan berangkat. Berdasarkan penyelenggaraan di tahun-tahun sebelumnya, jemaah yang masuk kuota tambahan diberangkatkan di kloter terakhir.

“Istilahnya kloter sapu jagad. Artinya pemenuhan bisa berasal dari berbagai daerah atau embarkasi untuk keterpenuhan satu kloter,” katanya.

Oleh karena itu, lanjut Taufik, calon jemaah haji ini tidak perlu khawatir karena tetap berangkat, meski pelaksanaannya tidak berbaerangan dengan rombongan jemaah asal Gunungkidul. “Tetap bisa menjalankan ibadah, tapi berangkatnya belakangan karena masuk kuota tambahan,” katanya.

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta memberikan selamat kepada calon jemaah yang berangkat ke Tanah Suci. Menurut dia, keberangakatan ini merupakan suatu kehormatan dapat menunaikan Rukun Islam kelima. “Mudah-mudahan selama di Tanah Suci dapat menunaikan ibadah dengan baik,” katanya.

Sunaryanta juga berpesan kepada jemaah untuk terus menjaga kondisi kesehatan sehingga pelaksanaan ibadah dapat berjalan dengan lancar. “Semoga diberikan kemudahan dan menjadi haji yang mabrur,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

1.119 WNI Berhasil Dipulangkan ke Tanah Air dari Zona Konflik hingga Bencana Alam

News
| Sabtu, 27 April 2024, 04:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement