Advertisement

Rerata Nilai ASPD Siswa SMP Jogja Tertinggi di DIY, Ini Kuncinya

Triyo Handoko
Kamis, 08 Juni 2023 - 17:07 WIB
Arief Junianto
Rerata Nilai ASPD Siswa SMP Jogja Tertinggi di DIY, Ini Kuncinya Ilustrasi sejumlah siswa mengikuti pelaksanaan ASPD tingkat SMP. - Dok. Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Siswa yang mengikuti Asesmen Standardisasi Pendidikan Daerah (ASPD) tingkat SMP tahun ini adalah mereka yang selama dua tahun melakukan pembelajaran daring karena pandemi. Meskipun begitu, siswa SMP di Jogja berhasil meraih rata-rata nilai ASPD yang meningkat dari tahun sebelumnya.

Data Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Jogja mencatat rata-rata hasil ASPD 2023 tingkat SMP sebesar 228,46. Nilai tersebut jadi yang tertinggi di DIY.

Advertisement

“Tahun lalu nilai rata-ratanya 195,11, padahal siswa kelas XI SMP ini selama dua tahun belajar daring, tetapi hasilnya memuaskan bagi kami,” kata Sekretaris Disdikpora Jogja, Tyasning Handayani Shanti, Kamis (8/6/2023).

BACA JUGA: Ini Dia 10 SMP di Jogja dengan Nilai ASPD Tertinggi Tahun Ini

Tyas menjelaskan usaha untuk menggenjot ketertinggalan pembelajaran selama pandemi pada tahun setahun terakhir jadi kuncinya. “Kami koordinasikan ke semua SMP agar pembelajaran digenjot agar ketertinggalan selaman pandemi bisa dikejar, dengan inovasi pembelajaran dan usaha-usaha lainnya,” jelasnya.

Selain rata-rata nilai ASPD tertinggi di DIY, siswa dengan nilai tertinggi ASPD juga dari Kota Jogja. “Siswa kami dari SMPN 8 Jogja jadi siswa dengan nilai terbesar dan ranking satu ASPD, nilainya 386 dari total 400 jadi hampir mendapat nilai sempurna,” terang Tyas.

Selain menaruh siswanya di ranking satu ASPD tingkat DIY, jelas Tyas, dua SMP dari Kota Jogja juga termasuk lima besar SMP dengan nilai rata-rata tertinggi. “SMPN 5 peringkat pertama rata-rata tertinggi se-DIY, sedangkan SMPN 8 peringkat kelima se-DIY,” ujarnya.

Hasil ASPD tingkat SMP di Jogja, menurut Tyas, sudah cukup memasukan. “Bagi kami memuaskan, tentu akan kami tingkatkan apalagi sudah sepenuhnya pembelajaran tatap muka maka guru-guru akan lebih luas meningkatakan pembelajarannya,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Densus 88 Menangkap Lagi Satu Terduga Teroris, Total Delapan Orang

News
| Jum'at, 19 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement