Advertisement

Memasyarakatkan Ikan, Menyehatkan para Insan

Bernadheta Dian Saraswati
Jum'at, 09 Juni 2023 - 08:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Memasyarakatkan Ikan, Menyehatkan para Insan Suasana kegiatan Lomba Kreasi Masak Ikan Nusantara di halaman Kantor Harian Jogja, Kamis (8/6/2023). - Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati

Advertisement

JOGJA—Sejak pagi, suasana Griya Harian Jogja tampak berbeda dari biasanya. Tampak lebih ramai dan semarak. Umbul-umbul berkibar rapi dari ujung Utara sampai Selatan. Tenda panjang juga sudah menutupi seluruh halaman sehingga lebih teduh dari biasanya. Di bawah tenda itu, sebanyak 30 meja tertata rapi. Masing-masing dilengkapi kompor portabel satu tungku, minyak goreng, satu ekor ikan nila berbobot 0,5 kg, dan juga bumbu dapur.

Jam memang belum menunjukkan pukul 7.30 Wib namun orang-orang sudah berdatangan dengan menenteng barang bawaan di tangan kanan dan kirinya. Ada yang membawa sayuran, wajan, panci pengukus, bahkan ada yang sampai membawa kontainer-kontainer besar berisi alat-alat masak.

Advertisement

Ya, Kamis (8/6/2023) kemarin, mereka datang memang untuk berkompetisi dalam Lomba Kreasi Masak Ikan Nusantara yang digelar Harian Jogja dalam rangka HUT ke-15. Sebanyak 30 tim dari berbagai daerah datang untuk memikat hati juri. Masing-masing tim terdiri dua orang. Ada perempuan, ada laki-laki, ada pula yang campur. Ada yang muda, ada pula yang sudah oma-oma. Semuanya antusias dan tampak bersemangat menaklukkan waktu yang hanya satu jam itu.

Namun nyatanya mereka dapat menyelesaikan lomba dengan sempurna. Beberapa kelompok bahkan mampu menyelesaikan hanya dalam waktu 45 menit. Beragam menu disajikan, ada pepes nila, sup nila keladi kuah kuning, nila pete lomjo, nila asam manis, gulai nila nasi hijau, nila asam pedas, hingga nila khas Pontianak.

Baca juga: Siswa dari SMP Negeri di Jogja Ini Raih Nilai ASPD Tertinggi, Jawaban Soal Nyaris Sempurna

Tiga juri dari perwakilan chef Swiss-bel Boutique, Sania Group dan Harian Jogja langsung memberikan penilaian. Mereka berkeliling dari satu meja ke meja yang lain. Mengamati penyajiannya, kebersihan, kerapian, dan yang utama adalah soal rasa.

Para peserta bersaing ketat dan nilai mereka hanya selisih tipis. Namun dari 30 tim, hanya diambil tiga jawaranya. “Dan juara pertama dengan skor 1130, diraih oleh nomor 21, Next Hotel,” seru pembawa acara disambut riuh dari tim dan suporter tim 21 dari Next Hotel. Sementara juara dua diraih tim Mario Bros dengan skor 1124 dan juara tiga tim Ciwi-Ciwi skor 1108.

Next Hotel menang berkat gulai nila nasi hijau yang mereka sajikan. Lavi, 25, dan Kindra 29 sengaja menciptakan makanan yang dapat dinikmati semua kalangan mulai dari anak balita.”Enggak semua orang suka ikan, suka yang berkuah dan suka sayur. Jadi di menu ini, kami mencoba menghadirkan makanan yang tidak terlalu becek, rumahan banget, tentu dengan kondimen yang Nusantara,” kata Lavi dan Kindra, dua teman indekos yang sama-sama hobi masak ini.

Memasak ikan dengan kreasi yang mudah memang menjadi cara agar konsumsi ikan semakin digemari. Dinas Kelautan dan Perikanan DIY memiliki program Gemarikan yang bertujuan memasyarakatkan ikan sebagai makanan sehari-hari. “Harian Jogja punya kewajiban moral untuk mendukung program tersebut [gemarikan],” tutur Pemimpin Redaksi Harian Jogja Anton Wahyu Prihartono.

Program Gemarikan butuh dukungan banyak pihak. Hal itu untuk mendongkrak tingkat konsumsi ikan warga DIY yang masih terbilang sangat rendah. “Jogja itu nomor satu tingkat konsumsi makan ikannya, tapi dari bawah bapak ibu sekalian,” seru Sekretaris Dinas Perikanan dan Kelautan DIY Fitriyanto Nurcahyo di tengah peserta lomba masak.

Itu artinya, tingkat konsumsi makan ikan warga DIY perlu digenjot karena posisi saat ini hanya 34,78 kilogram perkapita per tahun sementara angka nasional sudah 58 kilogram perkapita per tahun. Ia mengajak siapapun untuk berkreasi menciptakan makanan berbahan ikan yang menarik karena ikan kaya nutrisi dan menyehatkan. “Silakan berkreasi agar ikan dicintai masyarakat,” ajak dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bidik LHKPN 2 Pejabat Pemilik Kripto Miliaran Rupiah

News
| Rabu, 24 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement