Advertisement

Kota Jogja Masih Membutuhkan Ribuan Ekor Hewan Kurban

Yosef Leon
Rabu, 14 Juni 2023 - 15:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Kota Jogja Masih Membutuhkan Ribuan Ekor Hewan Kurban Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Jogja Suyana, Rabu (14/6 - 2023) saat menerangkan proses pemotongan hewan di RPH Giwangan. (Email)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA— Kota Jogja membutuhkan sedikitnya 2.000 ekor sapi dan 3.500 ekor kambing untuk memenuhi kebutuhan hewan kurban di wilayahnya pada Iduladha mendatang. Hanya saja jumlah ketersediaan hewan kurban di wilayah itu masih minim. 

"Sekarang hanya tersedia 450 ekor kambing dan sapi siap potong ada 46 ekor," kata Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Jogja Suyana, Rabu (14/6/2023). 

Advertisement

Sejumlah kebutuhan hewan kurban itu disuplai dari luar daerah. Menurutnya Kota Jogja dipastikan tidak akan mengalami kekurangan stok hewan kurban lantaran beberapa penjual hewan kurban dadakan sudah muncul di sejumlah tempat. 

BACA JUGA: Hari Raya Kurban, RPH di Sleman Tetap Melayani Penyembelihan Meski Volume Kecil

"Kami juga mengecek kesehatan hewan kurban di tujuh lokasi pasar hewan dadakan. Tidak ditemukan adanya penyakit," ujarnya. 

Pengecekan dilakukan oleh dokter hewan dengan mengamati kondisi fisik hewan kurban. Hewan ternak yang terlihat beluk memenuhi persyaratan untuk jadi hewan kurban akan dilarang untuk dijual. 

"Misalnya dari segi fisik masih terlalu kecil, itu kita suruh jangan dijual," jelasnya. 

Suyana menyebut, pihaknya juga membuka layanan pemotongan hewan kurban di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Giwangan selama perayaan Iduladha mendatang. Ada sebanyak 75 kuota yang diberikan pihaknya kepada masyarakat yang membutuhkan. 

BACA JUGA: Muncul Wacana Libur 2 Hari saat Iduladha, Begini kata Menag Yaqut

"Daftarnya lewat Baznas. Nanti mereka yang kasih tahu biaya dan persyaratannya," ucapnya. 

Asisten Setda Bidang Perekonomian Kota Jogja Kadri Renggono menyebutkan, kenaikan harga hewan kurban tidak terlalu menyumbang inflasi yang signifikan selama Idul Adha nanti. Kenaikan harga itu disebutnya masih dalam kondisi yang wajar. 

"Tidak berpengaruh signifikan dengan inflasi, berkaitan dengan harga daging sapi juga tidak terlalu signifikan naiknya. Stabil tinggi," kata dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

3 Jenazah Pesawat Jatuh BSD Tiba di RS Polri, Posko Ante mortem dan Post Mortem Dibuka

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement