Advertisement

Kraton Jogja Bersiap, Kaisar Naruhito Bakal Disambut Tari Lawung

Stefani Yulindriani Ria S. R
Selasa, 20 Juni 2023 - 21:37 WIB
Maya Herawati
Kraton Jogja Bersiap, Kaisar Naruhito Bakal Disambut Tari Lawung Kraton Jogja - Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat / Antaranews

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJAKraton Jogja dan Pemda DIY bersiap menyambut kedatangan Kaisar Jepang, Naruhito, dan Permaisuri Masako di Jogja Rabu (21/6/2023). Secara khusus, Kraton menyiapkan Tari Lawung untuk menyambut Sang Kaisar dan Permaisuri.

Putri sulung Raja Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Mangkubumi menyampaikan Kraton telah bersiap menyambut kedatangan Kaisar Jepang beserta rombongannya sejak dua pekan lalu. “Persiapan kami di Kraton cukup banyak dan sudah dilakukan sejak dua minggu lalu. Kami berkolaborasi dengan tim Kaisar Naruhito dari Jepang,” katanya saat ditemui di kompleks Kepatihan, Selasa (20/6/2023).

Advertisement

Kedatangan Kaisar Naruhito beserta Permaisuri Masako, menurut GKR Mangkubumi, dalam rangka napak tilas setelah ayahnya, Kaisar Akihito berkunjung ke Indonesia pada 1991.

BACA JUGA: Satpol PP Akan Tutup Paksa Perumahan Tanah Kas Desa di Sardonoharjo Sleman

Sebagai bentuk penyambutan Kaisar Naruhito, Kraton Jogja mempersiapkan tarian khusus. “Kami menyiapkan Tari Lawung dan makan malam,” katanya.

Tarian Lawung merupakan tari klasik gaya Jogja yang diciptakan oleh Sri Sultan Sultan HB I. Tarian inoi menggambarkan ketangkasan dan kegagahan seorang prajurit dalam olah kaprajuritan atau latihan perang. “Mudah-mudahan penyambutan berjalan lancar dan baik,” katanya.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DIY, Noviar Rahmad mengatakan dalam rangka menyambut kedatangan Kaisar Jepang Naruhito di Jogja, jajarannya pembersihan sejumlah spanduk di beberapa jalan yang dilalui Kaisar Naruhito.

“Kami membagi tim menjadi dua, yakni satu tim membersihkan spanduk mulai Hotel Tentrem ke utara, kemudian dari Hotel Tentrem ke arah barat, serta dari Sleman menuju Borobudur. Kami juga membersihkan spanduk di sekitar Kraton,” katanya. Dalam membantu pengamanan, Satpol PP DIY mengerahkan sekitar 80 personel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cegah Tawuran, Polisi Bubarkan Pemuda Nongkrong

News
| Minggu, 28 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement