Advertisement

Presiden Jokowi Salat Iduladha di Gedung Agung Bersama Warga Jogja

Stefani Yulindriani Ria S. R
Kamis, 29 Juni 2023 - 09:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Presiden Jokowi Salat Iduladha di Gedung Agung Bersama Warga Jogja Presiden Jokowi melangsungkan salat Iduladha di Gedung Agung Yogyakarta, Kamis (29/6 - 2023).

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Presiden Joko Widodo (Jokowi) melangsungkan salat Iduladha 1444 H di halaman Gedung Agung Yogyakarta, Kamis, (29/6/2023). 

Presiden Jokowi tiba di Gedung Agung sekitar pukul 05.55 WIB dengan mengenakan kemeja putih, sarung tenun berwarna gelap dan peci hitam. 

Advertisement

BACA JUGA: Jokowi Salat Iduladha di Jogja, Wapres Maruf Amin di Istiqlal

Dalam salat tersebut, Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) RI Anwar Usman duduk di samping kiri Presiden Jokowi, sedangkan di samping kanannya ada Haryanto, kakak ipar Presiden Jokowi. Berada di barisan umat muslim perempuan, Iriana Jokowi juga mengikuti sholat Iduladha tersebut. 

Dalam salat Iduladha tersebut, Kepala Bidang Urusan Agama Islam Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) DIY, Jauhar Mustofa sebagai imam dan khatibnya. Dalam khutbahnya, Jauhar mengajak umat muslim untuk selalu berupaya meningkatkan kualitas ketakwaan kepada Allah. 

“Masih segar dalam ingatan kita bahwa pada tahun 2022 yang lalu Idul Adha diliputi mewabahnya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak yang digunakan sebagai hewan kurban, semuanya adalah ujian kepada kita selaku kaum beriman,” katanya. 

Menurutnya dalam peristiwa tersebut ada hikmah tersendiri bagi umat muslim. “Tentu ini mengandung hikmah bagi kaum Muslimin untuk selalu berupaya meningkatkan kualitas ketakwaan kepada Allah Swt, bukan hanya dalam bentuk ritual dan ibadah semata, tetapi juga dalam pola interaksi sosial terhadap sesama,” katanya. 

BACA JUGA: GKR Mangkubumi Dianugerahi Gelar Doktor HC dari NIU Amerika Serikat

Pelaksanaan salat tersebut nampak diikuti ribuan masyarakat di DIY. Masyarakat mulai memasuki pelataran Gedung Agung dari gerbang timur sekitar 05.30 WIB, kemudian dimulai sekitar pukul 06.30 WIB dan berakhir sekitar pukul 07.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tempat Judi Berkedok Rumah Karaoke Digerebek, Polisi Tangkap 12 Orang di Semarang

News
| Sabtu, 21 September 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Tempat-Tempat Wisata di Vietnam yang Jadi Favorit Wisatawan

Wisata
| Kamis, 19 September 2024, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement