Advertisement

Iduladha Tanpa Plastik, Kelurahan Wirogunan Pakai Besek untuk Bungkus Daging Kurban

Triyo Handoko
Kamis, 29 Juni 2023 - 22:07 WIB
Maya Herawati
Iduladha Tanpa Plastik, Kelurahan Wirogunan Pakai Besek untuk Bungkus Daging Kurban Suasana pembungkusan daging kurban tanpa palstik di Kelurahan Wirogunan, Jogja pada Kamis (29/6/2023). - ist/Kelurahan Wirogunan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kelurahan Wirogunan, Kemantren (Kecamatan) Mergangsan, Kota Jogja, mendorong seluruh masjid di wilayahnya yang melaksanakan kurban untuk tidak menggunakan plastik sebagai pembungkus daging saat dibagikan ke warga. Pengganti plastik di kelurahan yang berada di Kemantren Mergangsang ini menggunakan besek dan dedaunan, Kamis (29/6/2023).

Himbauan tersebut dilaksanakan seluruh masjid di Kelurahan Wirogunan. Lurah Wirogunan Siti Mahmudah Setyaningsih mengatakan seluruh masyarakat mentaati himbauan tersebut. “Kami pantau tadi juga semuanya pakai besek dan daun, ada yang daun jati, pisang, dan semacamnya, yang penting bukan plastik,” katanya.

Advertisement

BACA JUGA: Dua Hari Iduladha, 6.194 Hewan Ternak Disembelih di Kota Jogja, Ini Rinciannya

Setyaningsih yang turut memantau penyembelihan hewan kurban menjelaskan penggantian plastik dengan bahan non-plastik untuk mendukung Gerakan Zero Sampah Anorganik (GZSA) yang dicanangkan Pemkot Jogja.

“Karena masyarakat juga sudah sadar, paham juga kalau buang sampah plastik itu susah mereka secara mandiri tidak menggunakan plastik lagi sebagai pembungkus daging kurban,” jelasnya.

Penggantian pembungkus daging kurban, jelas Setyaningsih, tidak merepotkan warga Wirogunan. “Tidak repot dan sukarela, karena H-2 sebelumnya takmir masjid juga sudah menyiapkan besek dan daun. Ada yang menganyam besek sendiri juga,” terangnya.

Total ada enam lokasi penyembelihan hewan kurban di Kelurahan Wirogunan lanjut Setyaningsih, dimana semua lokasinya adalah masjid. “Total ada 35 sapi yang dikurbankan di enam masjid kami,” ujarnya.

Sedangkan kambing total ada 69 ekor, sambung Setyaningsih, pelaksanaan penyembelihan hewan di Kelurahan Wirogunan, Kemantren Mergangsan, Kota Jogja, akan diteruskan hingga Jumat (30/6/2023). “Nanti juga akan kami pantau lagi agar maksimal tidak ada plastik yang digunakan sebagai pembungkus daging pada kurban tahun ini,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Airlangga Bertemu Sekjen Cormann, Tegaskan Komitmen Percepat Proses Keanggotaan Indonesia.

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement