Advertisement

250 Jemaah Haji Kulonprogo Diminta Semakin Peduli Sesama

Andreas Yuda Pramono
Jum'at, 21 Juli 2023 - 12:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
250 Jemaah Haji Kulonprogo Diminta Semakin Peduli Sesama Jemaah haji asal Kulonprogo tiba di Masjid Agung Wates Kulonprogo pada Jumat (21/7/2023) dini hari. - Harian Jogja/Andreas Yuda Pramono

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Sebanyak 250 jemaah haji asal Kulonprogo baru saja kembali dari tanah suci Mekkah pada Jumat (21/7/2023) dini hari. Dengan status haji yang didapatkan, Kantor Kementerian Agama Kulonprogo meminta agar mereka meningkatkan kepedulian terhadap sesama.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kulonprogo, Wahib Jamil mengatakan bahwa jemaah haji kloter 49 SOC asal Kulonprogo tiba di halaman Masjid Agung Kulonprogo dengan kondisi sehat dan penuh suka cita.

Advertisement

“Alhamdulillah sejumlah 250 jemaah haji Kulonprogo dan dua petugas haji daerah (PHD) telah kembali dalam keadaan sehat wal afiat. Semoga mereka mendapatkan predikat haji yang mabrur,” kata Wahib dihubungi, Jumat (21/7/2023).

Haji mabrur memiliki makna bahwa haji atau hamba tersebut memiliki kepekaan sosial dengan kejujurannya dan kesalehan ritual dengan ketaatannya. Berkaitan dengan itu, Wahib meminta agar para haji dapat lebih peduli terhadap sesama.

Baca juga: 3 Mutilasi dalam 4 Bulan di Sleman dan Sekitarnya: Utang Pinjol, Uang Rp20 Ribu, hingga Aktivitas Tak Wajar

“Jemaah haji saya harapkan dapat semakin meningkat keimanan, ibadah, dan kepeduliannya kepada sesama,” katanya.

Wahib menyarankan agar para haji masuk ke Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI). Menurut dia, IPHI dapat menjadi wadah untuk meningkatkan kualitas ibadah.

Lebih jauh, Wahib mengatakan terdapat dua jemaah haji yang meninggal dunia di Mekkah. Satu jemaah bernama Dalimin asal Durungan, Wates meninggal di Hotel Afaq Al Mashaer 707 pada Jumat (7/7/2023), sedangkan jemaah lain bernama Sudaroyah asal Patuk Tirtorahayu, Galur meninggal pada Jumat (14/7/2023) di RS Al-Noor Mekkah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : b

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ini Loh Penampakan Rumah Mewah Syahrul Yasin Limpo yang Disita KPK

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement