Advertisement

Kirab Budaya Hari Jadi Bantul Sedot Ribuan Penonton

Ujang Hasanudin
Minggu, 23 Juli 2023 - 17:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kirab Budaya Hari Jadi Bantul Sedot Ribuan Penonton Bupati Bantul Abdul Halim Muslih (kiri) dan Wakil Bupati Bantul Joko B Purnomo (kanan) turut serta dalam kirab budaya memperingati Hari Jadi Bantul ke-192, Minggu (23/7/2023). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Pemerintah Kabupaten Bantul dan masyarakat menggelar kirab budaya, Minggu (23/7/2023). Kirab budaya dengan melibatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat ini merupakan bagian dari rangkaian memperingati Hari Jadi Bantul ke-192.

Kirab budaya ini mengambil start dari Lapangan Trirenggo Bantul sampai Lapangan Paseban dengan jarak sekitar lima kilometer dengan rute Jalan Djuanda sampai simpang lima Bejen, kemudian ke barat di Jalan Urip Sumoharjo sampai simpang empat Gose. Selanjutnya ke arah timur di Jalan Jenderal Sudirman sampai Paseban.

Advertisement

Urutan kirab diawali pasukan Bregodo Lombok Abang, kemudian Bupati dan Wakil Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih dan Joko B. Purnomo beserta jajaran kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Selanjutnya para panewu atau camat, lurah, hingga perwakilan dari 17 kapanewon dan 75 kalurahan serta BUMD di Bumi Projotamansari.

Dengan mengenakan pakaian adat Jawa, masing-masing kelompok peserta tiap kapanewon menampilkan potensi dan keunggulannya mulai dari kesenian dan budaya hingga hasil bumi. Kirab budaya ini mengundang ribuan penonton. Warga sejak pagi hari sudah menunggu iring-iringan kirab di sepanjang jalur yang dilalui kirab budaya. Bahkan mereka harus berdesak-desakan untuk menyaksikannya. Tidak sedikit dari mereka mengabadikan momen tersebut melalui ponsel masing-masing.

Baca juga: 5 Spot Kantin Kampus Enak nan Halal di Jogja

Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudaya), Setyanto Eko Nugroho mengatakan tercatat ada 21 peserta yang terdiri dari 17 kapanewon dan empat Badan Udaha Milik Daerah (BUMD) yang mengikuti kirab dengan menampilkan keunggulannya masing-masing. Tidak lupa KPU dan Bawaslu juga turut serta dalam kirab tersebut. “Perkiraan peserta ada sekitar 2000an,” katanya.

Ia berharap dengan kirab tersebut supaya seni budaya di Bantul senantiasa berkembang dan masyarakat turut melestarikan kesenian dan kebudayaan yang ada di masing-masing wilayah. Pihaknya tidak menyangka warga begitu antusias untuk menyaksikan kirab. “Semoga masyarakat bisa ikut bergembira dan turut menguri-uri kabudayaan,” ucapnya.

Momentum Penguatan Kinerja ASN

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih mengatakan kirab budaya yang diikuti ASN dan non ASN serta masyarakat ini untuk mewujudkan komitmen bersama sekaligus sebagai sarana untuk mengajak masyarakat luas untuk bersama-sama membangun Bantul.

“Karena bersama pasti kita kuat. Kalau kuat capaian-capaian program daerah semakin dekat bisa kita capai,” katanya. Ia meminta momen Hari Jadi Bantul ini ASN harus banyak terjun ke lapangan supaya lebih jelas melihat fakta-fakta tentang kondisi sosial ekonomi masyarakat.

Wakil Bupati Bantul, Joko B. Purnomo menambahkan kirab ini sebagai bentuk syukur pada Tuhan sekaligus menampilkan potensi budaya di 75 kalurahan dan 17 kapanewon. Sementara ikat kepala yang digunakan menjadi bagian sebuah ikatan memperkuat visi misi Bantul yang harmonis, sejahtera dan berkeadilan, sehingga jadi bagian penting. “Filosofinya semangat penguatan kinerja dan kita ikat jadi satu kesatuan gerak melangkah bersama mewujudkan Bantul yang Projotamansari sejahtera, demokratis, dan agamis,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kualitas Udara Jakarta Pagi Ini Urutan 5 Terburuk di Dunia

News
| Selasa, 17 September 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement