Advertisement

Untuk Kali Pertama, YIA Bakal Gelar Latihan Penanggulangan Keadaan Darurat

Andreas Yuda Pramono
Sabtu, 29 Juli 2023 - 05:37 WIB
Arief Junianto
Untuk Kali Pertama, YIA Bakal Gelar Latihan Penanggulangan Keadaan Darurat Suasana terminal kedatangan di YIA, Minggu (2/4/2023). - Harian Jogja/Andreas Yuda Pramono

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Yogyakarta Internasional Airport (YIA) akan menggelar latihan penanggulangan keadaan darurat secara langsung. Kegiatan ini merupakan yang kali pertama sejak bandara itu beroperasi penuh.

Latihan tersebut dilaksanakan dalam rangka memantapkan dan meningkatkan Sistem Keamanan dan Keselamatan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) Penerbangan di YIA. 

Advertisement

Stakeholder Relation Manager YIA, Ike Yutiane, mengatakan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) Dirgantara Raharja (Dirja) ke-110 akan diselenggarakan pada hari Kamis (3/8/2023) dimulai pukul 07.30WIB-13.00 WIB di beberapa titik yang ada di kompleks YIA. “Dari PT Angkasa Pura I mengimbau agar masyarakat tidak panik [ketika dilaksanakan] pelatihan,” kata Ike dihubungi, Jumat (28/7/2023).

Ike menambahkan pelatihan simulasi penanggulangan keadaan darurat tersebut merupakan pelatihan terpadu. Maksud terpadu adalah melibatkan seluruh instansi atau komunitas penerbangan dalam rangka menguji kemampuan dan kesiapan seluruh personil, fasilitas, peralatan, kendaraan, hingga prosedur baku berdasarkan dokumen Airport Emergency Plan (AEP) dan Airport Security Program (ASP) saat terjadi kondisi darurat di bandara.

BACA JUGA: Mulai Agustus, Bandara YIA Layani Penerbangan Umrah

Dia menjelaskan rangkaian pelatihan tersebut terdiri dari empat latihan yaitu Airport Disaster Exercise (berlokasi di terminal domestik), Aircraft Accident Exercise (berlokasi di area sisi udara sebelah barat), dan Airport Security Exercise (bomb threat di area terminal kedatangan dan Demonstrasi di area toll gate masuk). 

“Dengan disampaikan informasi penyelenggaraan kepada seluruh pengguna jasa bandara sebelum penyelenggaraan kegiatan, harapan kami pengguna jasa khususnya Bandara Internasional Yogyakarta dapat mempersiapkan diri,” katanya. 

Dia kembali menegaskan agar seluruh pengguna jasa bandara khususnya yang berada di Gedung Terminal dan masyarakat di lingkungan Bandara Internasional Yogyakarta untuk tidak panik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Konsumsi Sabu, Artis Rio Reifan Ditetapkan Tersangka

News
| Senin, 29 April 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement