Advertisement

Dinkes Gelar Skrining, 11 Ibu Hamil di Kulonprogo Reaktif Hepatitis B

Andreas Yuda Pramono
Minggu, 30 Juli 2023 - 09:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Dinkes Gelar Skrining, 11 Ibu Hamil di Kulonprogo Reaktif Hepatitis B Foto ilustrasi pemeriksaan hepatitis - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kulonprogo lakukan skrining pada ibu hamil (bumil). Hasilnya adalah terdapat sebelas bumil yang reaktif hepatitis B.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kulonprogo, Rina Nuryati, mengatakan terdapat 0,56% dari total sasaran skrining 1.979 bumil. Apabila dikonversi maka setidaknya ada sebelas bumil yang reaktif hepatitis B.

Advertisement

“Hepatitis dapat disebabkan oleh virus, bakteri, dan faktor lainnya. Skrining yang Dinkes lakukan tahun ini mendapatkan hasil 0,56 persen ibu hamil reaktif hepatitis B,” kata Rina dihubungi, Sabtu (29/7/2023).

BACA JUGA: 5 Gejala Hepatitis Akut pada Anak yang Tidak Boleh Diabaikan

Selama ini, Rina mengatakan pemeriksaan skrining hepatitis B secara rutin baru menyasar ibu hamil. Dia menegaskan bahwa ibu hamil yang reaktif hepatitis B akan menularkan ke bayinya. Hepatitis yang menjangkiti bayi berisiko berubah menjadi hepatitis kronis. Apabila sudah kronis maka bayi tersebut akan terus menularkan hepatisi sepanjang hidupnya. 

Jelas dia, bumil yang reaktif haptitis B tersebut akan dirujuk ke rumah sakit untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Pemeriksaan tersebut berkaitan denagn hasil antigen apakah positif atau negatif. Pengobatan yang akan diberikan mengacu pada kadar antigen tersebut.

“Jadi yang diperiksa di Puskesmas kan baru kuantitatif, negatif atau positif saja. Nanti harus dicek lebih lanjut kadarnya, kalau positif itu [kadarnya] berapa. Nah, cek dilakukan di rumah sakit,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ratusan Korban Banjir Konawe Utara Pilih Mengungsi Mandiri

News
| Sabtu, 11 Mei 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Menilik Jembatan Lengkung Zhaozhou Tertua di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 10:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement