Advertisement

Pengerjaan Jalan Tol Jogja-YIA Berlanjut, 12 Kalurahan Ini Terdampak

Sirojul Khafid
Senin, 31 Juli 2023 - 16:37 WIB
Arief Junianto
Pengerjaan Jalan Tol Jogja-YIA Berlanjut, 12 Kalurahan Ini Terdampak Pembangunan jembatan elevated Tol Jogja Bawen di Selokan Mataram di sekitar Desa Margokaton, Seyegan, Sleman. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pengerjaan jalan tol Solo-Jogja-YIA berlanjut ke seksi Jogja-Kulonprogo. Proyek ini akan melewati Kabupaten Sleman dan Bantul.

Dalam surat penetapan lokasi dari Pemda DIY tertanggal 28 Juli 2023, ada 12 kalurahan di empat kapanewon yang akan terlewati pengerjaan jalan tol.

Advertisement

Daerah di Sleman yang terlewati pengerjaan tol masing-masing adalah Kapanewon Mlati (Kalurahan Tirtoadi); Kapanewon Gamping (Kalurahan Trihanggo, Nogotirto, Banyuraden, Ambarketawang, dan Balecatur); Kapanewon Godean (Kalurahan Sidoarum, Sidomulyo, Sidokarto); dan Kapanewon Moyudan (Sumberrahayu). Sementara di Bantul hanya Kapanewon Sedayu (Kalurahan Argomulyo dan Argosari).

Perkiraan luas tanah yang dibutuhkan untuk proyek ini sekitar 159,053 hektare. “Untuk informasi terakhir setelah terbit IPL [Izin Penetapan Lokasi] akan dipatok,” kata Humas PT Jasamarga Jogja Solo, Rachmat Jesiman Putra, Minggu (30/7/2023).

BACA JUGA: Tol Jogja Solo Ruas Trihanggo-Junction Sleman Mulai Dibangun, Ini Titik Exit Toll Sepanjang Ringroad Sleman

Namun, Rachmat belum menyebutkan detail waktu pelaksanaan pematokan dan tahapan lainnya. Dalam tahapan pelaksanaan, akan menggunakan anggaran 2022-2023.

Setelah adanya detail lokasi, tahapan pelaksanan berupa pembentukan panitia dan satgas; pelaksanaan, evaluasi, dan penetapan inventarisasi dan identifikasi; pengadaan, penetapan, dan pelaksanaan appraisal; penyampaian nilai ganti rugi dan musyawarah ganti rugi, sampai pelaksanaan ganti rugi.

Rencana jangka waktu pembangunan kurang lebih 36 bulan setelah tahap pelaksanaan selesai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gelar Pertemuan Tertutup, Prabowo Minta Masukan SBY Sebelum Dilantik Jadi Presiden RI

News
| Jum'at, 20 September 2024, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Menikmati Keindahan Alam dan Sungai di Desa Wisata Srikemenut Bantul

Wisata
| Rabu, 18 September 2024, 10:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement