Advertisement

Ratusan Kiai Berkumpul di UNU Jogja, Ini yang Dibahas

Sunartono
Sabtu, 05 Agustus 2023 - 11:47 WIB
Sunartono
Ratusan Kiai Berkumpul di UNU Jogja, Ini yang Dibahas Rabithah Maahid Islamiyah (RMI) PWNU DIY ini mengangkat tema Sinergi Pesantren dan Perguruan Tinggi NU. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Ratusan kiai dan nyai yang juga pengasuh pondok pesantren di DIY berkumpul di Kampus Terpadu UNU Jogja, di Banyuraden, Gamping, Sleman Jumat (4/8/2023). Agenda yang digelar bersama Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI) PWNU DIY ini mengangkat tema Sinergi Pesantren dan Perguruan Tinggi NU. Pondok pesantren di DIY dan UNU Jogja berkomitmen untuk saling mendukung dalam memajukan NU dan melahirkan kader profesional dari kalangan nahdliyin.

Rektor UNU Jogja Widya Priyahita mengatakan kampusnya berkomitmen untuk memberikan dukungan terhadap Pendidikan pesantren. Salah satunya dengan memberikan 250 beasiswa kepada santri ponpes. Bentuknya berupa biaya masuk hingga pembayaran SPP bagi santri dari keluarga kurang mampu namun memiliki komitmen belajar yang kuat.

Advertisement

BACA JUGA : Wakil Presiden Ma'ruf Amin Kunjungi KH Malik Madani di Sleman

“Kami berusaha untuk memfasilitasi santri pondok pesantren, jangan sampai santri tidak bisa kuliah karena keterbatasan ekonomi. Oleh karena itu kami menyediakan beasiswa” katanya.

Pemberian beasiswa itu juga sekaligus untuk memaksimalkan Upaya mencetak kader NU yang profesional berbagai bidang. Mengingat selama ini belum digarap secara maksimal, terutama bidang teknologi informasi, kesehatan dan keuangan.

“Kami berkomitmen sinergi dengan dunia pesantren itu seiring dengan berbagai capaian kami dalam mengembangkan pendidikan. Salah satunya rencana pendirian School of Future Studies bersama Uni Emirat Arab (UEA) yang membantu pembangunan gedung baru di samping kampus terpadu,” katanya.

Ketua RMI PBNU KH Hodri Arief menilai kolaborasi antara pesantren dengan perguruan tinggi NU memak menjadi kewajiban dalam Upaya mencetak kader yang profesional. Hal ini sejalan dengan gagasan Ketua UMUM PBNU saat ini bahwa kader NU harus professional di berbagai bidang. Harapan ini bertolak dari kondisi minimnya kalangan santri yang siap terjun ke bidang  teknokratik.

Ia mengungkap pada era Presiden Keempat RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur sempat kesulitan mencari menteri dari kalangan santri. “Jadi gagasan Gus Ketum [PBNU] harus disambut para santri dan kader NU. Santri harus memberi warna positif ke bangsa dan negara dalam jangka panjang. Apalagi saat ini keislaman NU makin dikenal secara global dan menjadi rujukan keislaman dunia,” katanya.

BACA JUGA : 9 Santri Ponpes di Jogja Ini Peroleh Beasiswa Studi di Universitas Terkemuka Dunia

Oleh karena itu ia mendorong agar pengasuh pondok pesantren maupun wali santri dapat mengarahkan para santri untuk mewujudkan gagasan NU merawat jagat dan membangun peradaban melalui kemampuan pendidikan yang mumpuni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sah! Putin Dilantik Jadi Presiden Rusia 5 Periode Berturut-turut

News
| Selasa, 07 Mei 2024, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement