Advertisement

Pakai Mobil Listrik? Tak Perlu Cemas, Ini Lokasi Ngecas Baterai Kendaraan Listrik di Gunungkidul

David Kurniawan
Minggu, 06 Agustus 2023 - 16:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Pakai Mobil Listrik? Tak Perlu Cemas, Ini Lokasi Ngecas Baterai Kendaraan Listrik di Gunungkidul Seorang satpam sedang melintas di dekat SPKLU di PLN ULP Wonosari. Foto diambl Jumat (4/8/2023) Harian Jogja - David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Mobil listrik mulai mengaspal di jalanan Gunungkidul. Bagi pemilik tidak perlu khawatir akan kehabisan daya karena sudah ada Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Wonosari.

Humas PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Yogyakarta, Rina Wijayanti mengatakan, gencarnya kepemilikan mobil listrik di masyarakat dibarengi dengan pendirian SPKLU yang dilakukan PLN.

Advertisement

Tempat ngecas ini tidak hanya di wilayah Kota Jogja dan sekitarnya, namun juga sudah dibangun di Gunungkidul. Adapun lokasinya berada di PLN ULP Wonosari di Jalan Kolonel Sugiyono No.5, Dusun Purbosari, Wonosari di Kapanewon Wonosari.

BACA JUGA: Terseret Kasus Korupsi, Sekdin Kominfo Gunungkidul Dituntut 1,5 Tahun Penjara

“Di Gunungkidul sudah ada tempat ngecas mobil listrik,” kata Rina kepada Harianjogja.com, Minggu (6/8/2023).

Dia menjelaskan, pembangunan sudah dilakukan sejak beberapa waktu lalu dan beroperasi mulai Juni 2023. Meski demikian, ia mengakui pemanfaatan belum begitu banyak dipergunakan.

Selain dikarenakan jumlah mobil listrik yang masih terbatas, Rina mengakui SPKLU di PLN ULP Wonosari termasuk kategori slow charging. Untuk mengisi daya sampai penuh dibutuhkan waktu sekitar tujuh jam pengecasan.

“Sudah dioperasikan. Tapi, untuk ngecas butuh durasi lima, jadi jarang yang ke sana [SPKLU PLN Wonosari],” katanya.

Menurut dia, SPKLU PLN Wonosari hingga sekarang menjadi satu-satunya fasilitas layanan pengecasan mobil listrik di Gunungkidul. Adapun lokasi terdekat untuk tambah daya selain di Gunungkidul berada di kawasan Candi Prambaban, Sleman.

“Kalau tidak ke Klaten atau Kota Jogja. Untuk detail SPKLU bisa dilihat di aplikasi PLN mobile,” katanya.

Untuk penambahan SPKLU, Rina menyerahkan sepenuhnya ke PLN pusat. Namun ia memastikan hingga sekarang belum ada rencana penambahan. “Masih belum ada info penambahan. Jadi di Gunungkidul baru ada satu SPKLU,” katanya.

Keberadaan SPKLU di PLN ULP Wonosari tepat berada di depan kantor pelayanan. Bentuknya tidak beda jauh dengan layanan tempat lain, warga juga bisa melihat dengan jelas fasilitas pengecasan itu dari jalan rayan di kawasan kantor ini.

Pemilik usaha rental mobil di Kapanewon Wonosari, Anjar Ardityo mengatakan sudah melihat fasilitas pengecasan mobil listrik di kantor PLN Wonosari. Meski demikian, ia mengakui belum tertarik untuk mengganti unit mobil yang disewakan dengan kendaraan listrik.

“Butuh modal besar untuk mengganti unit dengan mobil listrik. Jadi, saya masih pakai yang menggunakan BBM,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Penyelundupan 142 Gram Sabu Asal Malaysia Berhasil Digagalkan

News
| Sabtu, 18 Mei 2024, 21:57 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement