Advertisement

Ini Dia Deretan Proyek Strategis Pemkot Jogja Tahun Ini, Ditargetkan Sesuai Jadwal

Triyo Handoko
Senin, 14 Agustus 2023 - 19:17 WIB
Arief Junianto
Ini Dia Deretan Proyek Strategis Pemkot Jogja Tahun Ini, Ditargetkan Sesuai Jadwal Suasana pembangunan Pasar Sentul yang tengah melakukan pengecoran lantai III, progres pembangunan sudah 25%, Senin (14/8/2023). - Harian Jogja/Triyo Handoko

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Proyek strategis pembangunan infrastruktur Pemkot Jogja tengah dikebut, semua proyek ditargetkan rampung sesuai jadwal. Salah satu proyek strategis pembangunan Kota Jogja dengan anggaran terbesar adalah Pasar Sentul dengan total bujet mencapai Rp26 miliar. Progres proyek itu kini diklaim sudah mencapai 25%.

Progres pembangunan Pasar Sentul telah masuk pengecoran lantai III. Pasar yang berada di Jl. Kusumanegara ini didesain dengan total tiga lantai yang targetnya rampung Desember 2023.

Advertisement

Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Jogja yang bertanggung jawab atas pembangunan 10 proyek strategis itu menyebut jalannya proyek sudah sesuai jadwal dan anggaran.

“Semuanya sudah sesuai jadwal dan pagu anggaran yang ada tidak ada yang molor atau melebih anggaran yang ada, semuanya terkendali,” kata Kepala BIdang Penataan Bangunan DPUPKP Kota Jogja, Fakhrul Nur Cahyanto, Senin (14/8/2023).

Bidang Penataan Bangunan DPUPKP Jogja, jelas Fakhrul, bertanggung jawab membangun empat proyek dari 10 proyek strategis. “Kami kebagian pembangunan Pasar Sentul, Embung Giwangan, TK Negeri 6 Jogja, dan Kantor Kemantren Gondomanan, dari semua itu proyek Pasar Sentul dan Embung Giwangan yang paling tinggi dibanding proyek strategis lainnya,” ujar dia.

BACA JUGA: Pembangunan Pasar Sentul Masuk Tahap Land Clearing, Pedagang: Kian Cepat Makin Baik

Fakhrul menyebut pembangunan Pasar Sentul menelan anggaran Rp26 miliar, sedangkan Embung Giwangan sebesar Rp17 miliar. “Pembangunan Embung Giwangan ini sudah membangun kantor layanan, sekarang pengecoran tribun dengan kapasitasnya 500 orang, pengerukan embung juga sudah kami lakukan,” ujar dia.

Sementara pembangunan Kantor Kemantren Gondomanan dilakukan di lahan baru yang letaknya ada di belakang Jogjatronik, sedangkan kantor lamanya di sekitar Alun-Alun Selatan akan dialihfungsikan. “Kalau pembangunan TK Negeri 6 Jogja karena berada di Sumbu Filosofi kami sesuaikan fasadnya dengan ketentuan yang ada,” terangnya.

Sementara itu dua proyek revitalisasi jalan dari 10 proyek strategis Kota Jogja juga tengah dikerjakan. Proyek ini dipimpin BIdang Jalan dan Jembatan DPUPKP Jogja, dimana yang direvitalisasi adalah Jl. Gedongkuning dan Jl. Balirejo.

“Di Jalan Gedongkuning panjang jalan yang direvitalisasi 1 kilometer, sedangkan di Jl. Balirejo 300 meter,” kata Kepala Bidang Jalan dan Jembatan DPUPKP Jogja, Hasri Nilam Baswari, Senin siang.

Nilam merinci anggaran untuk revitalisasi Jl. Gedongkuning sebanyak Rp5,3 miliar, sedangkan Jl. Balirejo sebanyak 1,46 miliar. “Progresnya baru mulai, akan rampung September nanti baru sekitar 15 persen progresnya,” pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Jadwal Layanan SIM di Bantul Mei 2024

Jadwal Layanan SIM di Bantul Mei 2024

Jogjapolitan | 4 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kapal Perang Belanda Akan Berlabuh di Tanjung Priok 15-17 Mei 2024

News
| Selasa, 14 Mei 2024, 05:27 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement