Advertisement

Darurat Kekeringan, BPBD DIY Imbau Masyarakat Hemat Air Bersih

Stefani Yulindriani Ria S. R
Selasa, 15 Agustus 2023 - 22:17 WIB
Maya Herawati
Darurat Kekeringan, BPBD DIY Imbau Masyarakat Hemat Air Bersih Mobil tangki air milik BPBD Gunungkidul saat meyalurkan bantuan kepada warga di Dusun Kwarasan Kulon, Kedungkeris, Nglipar. foto diambil beberapa waktu lalu. - Ist/ dok BPBD Gunungkidul

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA–Status siaga darurat kekeringan telah ditetapkan bagi Kabupaten Bantul dan Gunungkidul, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY meminta masyarakat dapat menghemat penggunaan air bersih.

Saat ini menurut Lilik dengan kondisi yang ada, kedua daerah tersebut telah ditetapkan dalam status siaga darurat kekeringan.

Advertisement

 “Saat ini Kabupaten Bantul dan Kabupaten Gunungkidul sudah menetapkan siaga darurat,” kata Lilik Andi Aryanto, Kepala Bidang Penanganan Darurat BPBD DIY, Selasa (15/8/2023).

Status siaga darurat kekeringan tersebut menurut Lilik berlaku dari 1 Juli-31 September 2023.

Dengan kondisi tersebut, menurut Lilik dropping air telah dilakukan ke Gunungkidul dan Bantul. Sementara meski Kabupaten Kulonprogo statusnya belum siaga darurat kekeringan, namun dropping air ke daerah tersebut juga telah dilakukan.

BACA JUGA: Siap Jadi Investor, PLN Ingin TPA Piyungan Jadi Pembangkit Listrik Tenaga Uap

“Penetapan status salah satu dasarnya adalah kebutuhan mendesak yang harus segera ditangani,” katanya.

Saat ini menurut Lilik kondisi kekeringan di Kulonprogo dinilai masih dapat tercukupi dengan pasokan air reguler, sehingga Kabupaten Kulonprogo statusnya belum siaga darurat kekeringan.

“Masing-masing kabupaten telah menyiapkan anggaran untuk dropping air. Khusus Kabupaten Gunungkidul selain BPBD, anggaran droping air juga dianggarkan di masing-masing kapanewon,” katanya.

Menurut Lilik dalam menghadapi kekeringan Kabupaten Bantul, Gunungkidul, dan Kulonprogo telah menyiapkan anggaran rutin dan Belanja Tidak Terduga (BTT) yang apabila dibutuhkan dapat digunakan untuk penyediaan air bersih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hari Kedua Perundingan Gencatan Senjata, Perang Israel-Hamas Masih Buntu

News
| Minggu, 05 Mei 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement