Advertisement

Jogja di Antara Gunung Merapi dan Laut, Dinas Pariwsata DIY Minta Insan Wisata Jalankan Mitigasi

Stefani Yulindriani Ria S. R
Kamis, 17 Agustus 2023 - 20:27 WIB
Maya Herawati
Jogja di Antara Gunung Merapi dan Laut, Dinas Pariwsata DIY Minta Insan Wisata Jalankan Mitigasi Gunung Merapi terlihat pada Minggu (12/3/2023) - Harian Jogja/Gigih M Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA–Berada di antara gunung api aktif dan laut, DIY memiliki potensi bencana tsunami dan gunung meletus. Untuk dapat mengantisipasi terjadinya bencana tersebut, pelaku wisata diharapkan dapat melakukan mitigasi dengan baik.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) DIY, Singgih Raharjo menyampaikan pentingnya mitigasi bencana dipahami para pelaku wisata. Menurut Singgih dengan pemahaman tersebut, maka dapat mengantisipasi terjadinya potensi bencana di objek wisata.

Advertisement

Mitigasi bencana menurut singgih dapat menjadi early warning system bagi pelaku wisata di Jogja. Saat ini menurut Singgih sebagai upaya mitigasi terhadap bencana alam, Kota Jogja memiliki deklarasi untuk menghadirkan destinasi wisata yang bertanggung jawab atau responsible destination.

“Deklarasi sudah ditandatangani semua stakeholder, ini menjadi bagian bagaimana kami memberikan layanan yang baik bagi wisatawan,” katanya, Kamis (17/8/2023).

BACA JUGA: Tak Hanya Tanah Kas Desa, Satpol PP DIY Bakal Tertibkan Penggunaan Sultan Grond Tanpa Izin

Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah DIY, GKR Bendara menyampaikan DIY memiliki potensi bencana gempa dan tsunami. Meski begitu, tidak dapat diperkirakan kapan bencana tersebut terjadi. Karena itu, menurut GKR Bendara, mitigasi bencana di destinasi wisata perlu dilakukan.

Menurut GKR Bendara pelaku pariwisata pun memiliki tanggung jawab untuk memastikan wisatawan tetap aman. Karena itu, menurutnya upaya mitigasi bencana perlu disiapkan dengan matang. 

“Karena Indonesia punya banyak gunung api dan lempengan-lempengan yang masih berpotensi gempa. tentunya kita harus mempersiapkan diri. Bagaimana koneksi dan kerjasama kita antara destinasi wisata, badan penanggulangan bencana [BPBD] dan BMKG. Sehingga wisatawan yakin mereka akan pulang selamat ketika datang ke Jogja,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bawaslu: Fasilitas Pemerintah Boleh Digunakan untuk Kampanye

News
| Senin, 28 Oktober 2024, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Makanan Ramah Vegan

Wisata
| Minggu, 27 Oktober 2024, 08:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement