Advertisement

Warga Bantul Perebutkan Gunungan Hasil Bumi Usai Upacara HUT Kemerdekaan RI

Ujang Hasanudin
Kamis, 17 Agustus 2023 - 17:47 WIB
Ujang Hasanudin
Warga Bantul Perebutkan Gunungan Hasil Bumi Usai Upacara HUT Kemerdekaan RI Warga Dusun Karanggayam, Kalurahan Bantul, Kapanewon Bantul, Kabupaten Bantul, saat menggelar kenduri selepas upacara HUT Kemerdekaan RI ke-78 di dusun setempat, Kamis (17/8 - 2023). istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Warga Dusun Karanggayam, Kalurahan Bantul, Kapanewon Bantul, Kabupaten Bantul menggelar kenduri dan kirab budaya membawa gunungan hasil bumi keliling kampung setempat, Kamis (17/8/2023). Kenduri dan kirab budaya ini dilakukan seusai upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-78 di dusun tersebut.

Ratusan warga terlihat mengikuti upacara HUT Kemerdekaan Ri ke-78 baik anak-anak, pemuda, maupun orang tua. Para peserta upacara ini mengenakan pakaian khas Jawa. Ada juga yang mengenakan seragam kesenian kreasi warga.

Advertisement

Kepala Dusun Karanggayam, Marsudi mengatakan upacara HUT Kemerdekaan RI ke-78 sengaja digelar cukup meriah namun tetap menonjolkan kebudayaan Jawa khususnya DIY sehingga peserta upacara juga menggunakan pakaian adat Jawa. Namun demikian ada juga warga juga menggunakan pakaian kesenian hasil kreasi dari warga.

“Kita gelar upacara HUT Kemerdekaan RI ke-78 cukup meriah sebab sudah vakum hampir tiga tahun akibat pandemi Covid-19. Masyarakat juga ternyata antusias bahkan dengan swadaya sendiri,” katanya, Kamis (17/8/2023).

BACA JUGA: Puncak Kemarau, Pagi Ini Sebagian Wilayah Gunungkidul Sempat Diguyur Hujan

Selesai upacara, warga menggelar kenduri agung yang diikuti oleh perwakilan warga dari delapan rukun tetangga atau RT. Menurut Marsudi, kenduri agung dan kirab budaya ini dilakukan selesai upacara karena bertepatan dengan merti dusun. Sehingga puncak acaranya adalah kirab budaya yang menampilkan potensi budaya yang ada di delapan RT.

“Terdapat dua gunungan hasil bumi yang dikirab keliling dusun dan setelah selesai kirab gunungan diperebutkan masyarakat,” ujarnya.

Dia berharap dengan upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78 yang dirangkai dengan kenduri serta kirab budaya ini para warga semakin rukun dan kompak serta menjaga gotong-royong. Menurutnya tanpa adanya gotong-royong tidak mungkin acara tersebut sukses digelar.

Salah satu warga Dusun Karanggayam RT 3, Heri mengaku setiap upacara HUT Kemerdekaan RI warga selalu melaksanakan upacara bendera meski sempat terhenti akibat pandemi Covid-19. Setiap ucara 17 Agustus warga menggelar upacara dengan mengambil tema tertentu sesuai kesepakatan bersama.

“Dulu para warga upacara 17-an dengan membawa ternak, membawa peralatan tani. Kita memang ingin yang unik sehingga akan selalu dikenang,” ucapnya.

BACA JUGA: Kandang Ayam di Sleman Terbakar, Kerugian Ratusan Juta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sidang Eks Menteri Pertanian SYL, KPK Bawa 4 Saksi dari Kementan

News
| Senin, 06 Mei 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement