Advertisement

Puluhan Maba UPN Jogja Keracunan Massal, Ini Tanggapan Pihak Rektorat

Abdul Hamied Razak
Sabtu, 19 Agustus 2023 - 06:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Puluhan Maba UPN Jogja Keracunan Massal, Ini Tanggapan Pihak Rektorat Sejumlah pasien yang diduga dari kalangan mahasiswa UPN Veteran Jogja mengalami keracunan. / Twitter.

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman menyebut bahwa mahasiswa baru (Maba) UPN Veteran Yogyakarta yang diduga mengalami keracunan dirawat di 6 rumah sakit.

Mereka tersebar di RSUP Dr Sardjito, RS Condongcatur, RS JIH, RSA UGM, RS Hermina dan Klinik Praktek Siaga 24 jam. Pihak UPNVY melalui anggota tim kesehatan panitia PKKBN UPNVY 2023, Arif Rianto Budi Nugroho, membenarkan kejadian itu.

Advertisement

Arif menyebut saat mengetahui banyaknya mahasiswa baru yang alami kesakitan setelah beberapa jam dari makan siang, tim kesehatan langsung cepat tanggap menanganinya dan membawa ke sejumlah rumah sakit terdekat.

BACA JUGA: Keracunan Massal Maba UPN Veteran Jogja, RSUP Sardjito: Keluhan Nyeri Perut hingga Pusing

Bahkan sejumlah ambulance didatangkan untuk membawa puluhan mahasiswa itu ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

"Tim kesehatan langsung meluncur ke lokasi kemudian menangani pasien yang mengalami sakit itu kemudian beberapa yang perlu rujukan ke rumah sakit langsung dirujuk ke rumah sakit kemudian koordinasi karena semakin banyak yang mengalami sakit itu membutuhkan angkutan sehingga dari petugas PMI DIY berkoordinasi dengan PSC 119 DIY untuk datang memberikan pertolongan," kata Anggota tim kesehatan panitia pkkbn UPNVY 2023, Dr. Arif Rianto Budi Nugroho melalui keterangannya, Jumat (18/8/2023), malam.

Mahasiswa UPNVY yang diduga alami keracunan itu, katanya, sedang dalam mengikuti rangkaian kegiatan pengenalan kehidupan kampus. Rata-rata keluhan yang ada adalah nyeri perut, mual, pusing dan ada beberapa yang diare. Pihaknya hanya menangani klinisnya saja agar tidak terjadi perburukan. Masalah penyebabnya apa, kami serahkan kepada pihak yang lebih berwenang.

"Sebagian yang sudah diobservasi oleh tenaga kesehatan dan merasa sudah sehat langsung diperbolehkan pulang. Tapi tetap dipantau kesehatannya oleh kakak asuh dan dari pihak klinik UPN," ujarnya.

Arif menghimbau agar mahasiswa baru lainnya tidak khawatir dengan kejadian tersebut sebab pihak kampus dan rumah sakit telah menanganinya. Ia pun meminta agar mahasiswa lainnya dapat menjaga kesehatan dan stamina tubuhnya sebagai antisipasi kejadian serupa terjadi kembali. 

BACA JUGA: Mahasiswa Baru UPN Veteran Jogja Keracunan Massal saat Outbond

Selain itu pihak kampus juga membuka Posko Layanan dan Informasi sebagai pusat koordinasi yg berada di Gedung Rektorat UPNVY.

"Untuk mahasiswa baru yang lainnya dimohon tetap tenang dan juga menjaga kesehatannya, staminanya dan menjaga kondisi tubuh, apabila dalam capek dan lelah harus cukup istirahat dengan asupan nutrisi yang cukup sehingga kondisi tubuhnya tetap stabil," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

World Central Kitchen di Jalur Gaza Kembali Beroperasi Pasca 7 Pekerja Terbunuh

News
| Senin, 29 April 2024, 12:07 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement