Advertisement

Kekeringan Meluas, Dinas Sosial DIY Bakal Dropping Air Bersih 115 Tangki

Stefani Yulindriani Ria S. R
Jum'at, 25 Agustus 2023 - 18:27 WIB
Maya Herawati
Kekeringan Meluas, Dinas Sosial DIY Bakal Dropping Air Bersih 115 Tangki Kegiatan dropping air bersih di Tempel dan Seyegan oleh BPBD Sleman tahun 2022 - ist / BPBD Sleman

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA–Kekeringan di DIY meluas, Dinas Sosial (Dinsos) DIY akan ajukan 115 tangki air bersih bulan ini.

Kepala Dinsos DIY Endang Patmintarsih menyampaikan sebelumnya telah menerima permintaan dropping air bersih dari Kulonprogo, Gunungkidul, dan Bantul. Dari permintaan tersebut, menurut Endang akan dilakukan dropping air bersih dalam waktu dekat.

Advertisement

“Kami sudah memulai nih di Agustus. Jadi pemberian itu di September dan Oktober. Tapi karena permintaan sudah banyak, kita sudah mau mulai. kami sudah punya jadwal,” katanya, Jumat (25/8/2023).

Menurut Endang untuk memenuhi permintaan dropping air bersih, pihaknya telah menyediakan 230 tangki air dengan masing-masing tangki berkapasitas  4.000 liter air. Dari ketersediaan tersebut, 115 tangki air akan disalurkan pada Agustus 2023, kemudian sisanya akan disalurkan bulan depan.

BACA JUGA: Waduh! Baru Dibuka TPS Sementara di Tamanmartani Hampir Penuh

“Oktober harus semua selesai [tersalurkan], mudah-mudahan lalu hujan, supaya aman semua,” katanya.

Selain dropping air yang disalurkan Dinas Sosial DIY, setiap kabupaten juga telah menyediakan anggaran untuk dropping air bersih.

Sementara Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY, Noviar Rahmad menyampaikan Senin depan pihaknya akan melakukan rapat koordinasi (rakor) dengan kabupaten terkait untuk memastikan dampak kekeringan tahun ini.

“Senin besok kami rapat koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah [BPBD] kabupaten kota, kalau dibutuhkan dari provinsi kita punya anggaran tanggap darurat. Itu harus dengan Surat Keputusan [SK] Gubernur tentang siaga tanggap darurat,” katanya.

Menurut Noviar dalam rakor tersebut akan dibahas kesiapan BPBD kabupaten Bantul, Kulonprogo dan Sleman menghadapi kekeringan tahun ini. Apabila diperlukan bantuan dari Pemda DIY dalam penanganan kekeringan, maka dapat diajukan anggaran tanggap darurat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Elon Musk: PLTS Jadi Solusi Atasi Krisis Air Global

News
| Senin, 20 Mei 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement