Advertisement

Pengelolaan Ekonomi Kreatif Terus Ditingkatkan

Media Digital
Jum'at, 25 Agustus 2023 - 00:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Pengelolaan Ekonomi Kreatif Terus Ditingkatkan Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo membuka Sleman Creative Week di Taman Kuliner Condongcatur, Depok, Sleman 21 Oktober 2022. Tahun ini Sleman Creative Week kembali dilaksanakan pada Oktober yang merupakan Bulan Kreatif Kabupaten Sleman. - Istimewa

Advertisement

SLEMAN—Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Sleman terus berupaya meningkatkan kualitas pengembangan dan pengelolaan ekonomi kreatif di wilayahnya. Hal ini mengingat perkembangan ekonomi kreatif yang cukup pesat di Bumi Sembada. Untuk itu, pengelolaan ekonomi kreatif ke depan harus mampu menjangkau ke semua 17 subsektor ekonomi kreatif.

Sub Koordinator Atraksi Wisata dan Ekonomi Kreatif Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dispar Sleman, Rini Wahyu Hestari mengatakan saat ini pemerintah daerah dan pihak-pihak terkait terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pengembangan dan pengelolaan ekonomi kreatif dengan harapan ke depan dapat menjangkau ke semua 17 subsektor ekonomi kreatif.

Advertisement

Berdasarkan pemetaan dari Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf) tahun 2017, Kabupaten Sleman ditetapkan sebagai kabupaten dengan tiga subsektor ekonomi kreatif unggulan yaitu subsektor ekraf film, animasi dan video; subsektor kriya bambu; serta subsektor seni pertunjukan. "Harapannya, ketiga subsektor ini menjadi pengungkit kemajuan subsektor ekonomi kreatif lainnya," kata Rini.

Selain itu, adanya fasilitasi dari Pemerintah Pusat melalui Bekraf pada 2017 kepada Sleman Creative Community berupa revitalisasi dua bangunan di Taman Kuliner menjadi Sleman Creative Space ke depan akan benar-benar dimaksimalkan untuk perkembangan subsektor ekonomi kreatif yang ada.

Baca juga: Musyawarah Pengadaan Lahan Tambahan Tol Jogja-Bawen Ditarget Rampung September

Tidak hanya subsektor film, animasi dan video; subsektor kriya bambu; dan subsektor seni pertunjukan, keberadaan Sleman Creative Space juga bisa dioptimalkan untuk kemajuan subsektor ekonomi kreatif lainnya.

Untuk itu, beberapa waktu lalu, Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman telah membentuk Komite Ekonomi Kreatif yang terdiri atas orang-orang yang kompeten di bidangnya pada 2019.

Selain itu, akan ada revitalisasi Sleman Creative Space menjadi Sleman Creative Park. Diharapkan keberadaaan Sleman Creative Park ini mampu mendongkrak dan menggerakkan sub sektor ekonomi kreatif yang lebih luas di Sleman.

Tiga sub sektor ekonomi kreatif unggulan di Sleman ini terus dikembangkan sebagai generator untuk mengungkit sub sektor ekonomi kreatif yang lainnya. "Harapannya, akan lebih banyak sub sektor ekonomi yang dapat berkembang,” kata Rini.

Selain itu, Pemkab Sleman juga mencanangkan bulan Oktober sebagai Bulan Kreatif bagi Kabupaten Sleman. Kegiatan ini ditandai dengan digelarnya Sleman Creative Week. Kegiatan Sleman Creative Week merupakan kegiatan tahunan dan tahun ini pelaksanaannya masuk tahun ketiga.

Sleman Creative Week terdiri dari berbagai rangkaian kegiatan kreatif yang digelar sepanjang Oktober. “Tahun ini rangkaian acara diawali dengan Ngaran Kite Festival di Dusun Ngaran, Margokaton, Seyegan pada 9-10 September 2023 dilanjutkan Festival Gulali pada pekan pertama Oktober, Sleman Creative Week di Sleman Creative Space, Taman Kuliner Condongcatur pada 20–21 Oktober, dan Bedog Art Festival di Studio Banjarmili, Kradenan, Banyuraden, Gamping pada 21-22 Oktober. Semua acara ini kami rangkai dalam Bulan Ekonomi Kreatif Kabupaten Sleman,” kata Rini. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Setop Suplai Senjata ke Israel Setelah Rafah Dibombardir

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Grand Rohan Jogja Hadirkan Fasilitas Family Room untuk Liburan Bersama Keluarga

Wisata
| Senin, 06 Mei 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement