Advertisement

Konstruksi Tol Jogja-Solo, Dishub DIY Siapkan Skenario Rekayasa Lalu Lintas di Sejumlah Titik

Stefani Yulindriani Ria S. R
Kamis, 31 Agustus 2023 - 18:57 WIB
Arief Junianto
Konstruksi Tol Jogja-Solo, Dishub DIY Siapkan Skenario Rekayasa Lalu Lintas di Sejumlah Titik Plt Kepala Dishub DIY, Sumariyoto. - Harian Jogja/Stefani Yulindriani

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Konstruksi Tol Jogja-Solo terus berprogres. Untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas di tiga exit toll Jogja-Solo, Dinas Perhubungan (Dishub) DIY tengah menyiapkan kajian. 

Manager Humas PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM), Rachmat Jesiman Putra menyampaikan saat ini proses konstruksi Jalan Tol Jogja-Solo terus berlangsung. “Untuk Seksi 2.1 baru soil investigation [penyelidikan tanah],” katanya, Kamis (31/8/2023). 

Advertisement

Proses tersebut, menurut Rachmat, akan dilakukan dalam beberapa waktu mendatang. Proses tersebut merupakan proses mutlak dari proses pelaksanaan proyek konstruksi. Melalui proses tersebut karakteristik fisik tanah atau batuan di area site akan digali. Kemudian data hasil penyelidikan tanah, akan digunakan sebagai dasar untuk penetapan sistem desain, konstruksi, dan biaya konstruksinya. 

Plt Kepala Dishub DIY, Sumariyoto menyampaikan dengan adanya jalan tol yang melintas DIY, maka akan berpotensi terjadi kepadatan lalu lintas di titik tertentu. Dengan perkembangan pembangunan konstruksi Tol Jogja-Solo, pihaknya tengah menyiapkan kajian terkait dampak jalan tol yang melintas di DIY. 

BACA JUGA: Tol Jogja Solo dan Jogja Bawen Beroperasi di 2024, Ini Aturan Berkendara di Jalan Tol dan Batas Kecepatan Maksimal

“Kami mengantisipasi kesemerawutan lalu lintas. Itu dampak yang langsung dirasakan masyarakat. Maka dari awal kita sudah menyusun rencana rekayasa,” katanya.

Menurutnya dalam kajian tersebut antisipasi kepadatan lalu lintas di beberapa titik disiapkan. Selain itu, menurut Sumariyoto kajian tersebut tidak hanya akan mengatur mengenai lalu lintas, namun juga transportasi yang akan melintas disana. 

Potensi kepadatan lalu lintas di tiga exit toll yang ada di DIY pun menjadi perhatian tersendiri. Nantinya akan ada 3 exit Tol Jogja-Solo yakni di SS Purwomartani, SS Banyurejo dan SS Kulonprogo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Penjelasan KNKT Terkait Pesawat Jatuh di Lapangan Sunburst Bumi Serpong Damai

News
| Senin, 20 Mei 2024, 05:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menikmati Sendratari dan Pertunjukan Wayang di Jogja

Wisata
| Minggu, 19 Mei 2024, 06:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement