Advertisement

4 Pimpinan OPD Pemkot Jogja Sudah Terpilih, Pelantikan Masih Tunggu Kemendagri

Triyo Handoko
Minggu, 10 September 2023 - 18:17 WIB
Arief Junianto
4 Pimpinan OPD Pemkot Jogja Sudah Terpilih, Pelantikan Masih Tunggu Kemendagri Lelang jabatan / Ilustrasi Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pelantikan empat pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkot Jogja masih menunggu Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Keputusan Kemendagri diperlukan untuk memilih salah satu dari tiga peserta seleksi dari masing-masing formasi.

Keputusan pilihan Kemendagri tersebut lantaran Pemkot Jogja belum memiliki Walikota definitif. Kewenangan Pejabat Walikota Jogja saat ini terbatas tak dapat menentukan pimpinan dari empat formasi yang tengah diseleksi.

Advertisement

Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia(BKPSDM) Pemkot Jogja yang bertanggung jawab dalam proses pimpinan OPD menjelaskan sudah ada tiga kandidat untuk masing-masing posisi. “Masing-masing akan diputuskan satu yang terpilih oleh Kemendagri,” jelas Kepala BKPSD Jogja Dedi Budiono, Minggu (10/9/2023).

Dedi mengaku tak bisa memastikan kapan keputusan Kemendagri untuk memilih pimpinan OPD. “Kami juga tidak menargetkan harus kapan dilantiknya juga, karena ini sepenuhnya kewenangan Kemendagri,” ujarnya.

BACA JUGA: Pelantikan 25 Pejabat Administrator, Pj Bupati Kulonprogo: Implementasikan Nilai Budaya Pemerintahan

Kekosongan pimpinan OPD, jelas Dedi, tidak menghambat kinerja masing-masing instansi yang kosong kepemimpinannya. “Karena kami sudah menunjuk pelaksana tugas, kewenangan pelaksana tugas ini juga efektif menjalankan kinerja dan korganisasian instansi. Sehingga tidak ada target karena tidak ada masalah juga,” jelasnya.

Setelah Kemendagri memutuskan pimpinan OPD dari hasil seleksi, lanjut Dedi, maka Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) akan menetapkannya. “Selanjutnya dilakukan pelantikan, nanti kalau sudah jelas infonya pasti akan diumumkan,” terangnya.

Sebelumnya, Pemkot Jogja membuka lelang jabatan untuk empat formasi, yaitu Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan; Kepala Kesbangpol; Kepala Dinas Perpustakaan; dan Kepala Dinas Damkarmat memasuki babak akhir. Pemkot Jogja sudah mengantongi tiga nama yang menempati posisi teratas dalam proses seleksi untuk masing-masing formasi.

Ketiga calon akhir Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan yaitu Jalaludin yang kini menjabat Sekretaris Dinas Perdagangan, Patricia Heny Dian Anitasari yang saat ini Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah, dan Retnaningtyas yang kini menjabat Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah.

Sedangkan posisi Kepala Kesbangpol, kandidat terkuatnya adalah Nindyo Dewanto yang kini Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah; Totok Suryonoto yang menjabat Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan SDM Satpol PP; dan Widiyastuti yang sekarang menjabat Sekretaris Kesbangpol.

Lalu, posisi Kepala Dinas Perpustakan diperebutkan oleh Afia Rosdiana yang sekarang menjabat Kepala Bagian Umum dan Protokol Sekretariat Daerah, Sarwanto yang masih menjabat Mantri Pamong Praja Kemantren Wirobrajan, dan Suciati Sah yang menjabat Sekretaris Diskominfo.

Terakhir, Kepala Dinas Damkarmat memiliki kandidat terkuat yaitu Hery Eko Prasetyo yang menjabat Sekretaris Satpol PP, Subarjilan yang sekarang Mantri Pamong Praja Kemantren Gondomanan, dan Taokhid yang masih menjabat Kepala Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mendagri Sebut Pilkada 2024 Telan Anggaran hingga Rp27 Triliun

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement