Advertisement

34 Mobil di Jogja Uji Emisi, Satu Tak Lolos

Triyo Handoko
Jum'at, 15 September 2023 - 16:57 WIB
Mediani Dyah Natalia
34 Mobil di Jogja Uji Emisi, Satu Tak Lolos Suasana petugas Dishub Jogja melakukan pengujian emisi yang mengukur asap keluaranknalpotmobil yang sedang diuji, Kamis (15/9 - 2023). Dok Dishub Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Uji emisi kendaraan dilakukan di Kota Jogja, sebanyak 34 mobil diuji sistem emisinya. Hasilnya satu mobil tak lolos uji emisi, artinya buangan asap kendaraan tersebut mencemari kualitas udara.

Pengujian emisi kendaraan ini dilakukan Dinas Perhubungan (Dishub) Jogja pada Kamis (14/9/2023) lalu di Halaman Lembaga Pendidikan Perkebunan Jogja. Pengujian emisi kendaraan tersebut dilakukan Dishub untuk memastikan kendaraan di wilayahnya mematuhi standar emisi yang ada supaya tak mencemari lingkungan. (Baca Juga: Pencemaran Akibat Emisi Karbon Kian Buruk, Ini Saran Pakar)

Advertisement

Kepala Bidang Angkutan dan Keselamatan Dishub Jogja Hary Purwanto menyebut uji emisi ini dilakukan secara gratis. “Bagi yang tak lolos kami minta untuk memperbaiki dan lebih giat merawat kendaraannya agar emisi yang dihasilkan dibawah ambang batas,” jelasnya, Jumat (15/9/2023).

Hary menjelaskan dalam uji emisi kendaraan Dishub Jogja melakukan pengecekan kandungan karbon monoksida dan kadar lain yang juga timbul dari hasil pembakaran kendaraan bermotor. “Pengujian yang dilakukan berdasarkan standar dan tahun pabrikan kendaraan, misalnya mobil di bawah tahun 2007, kadar karbon monoksida harus 4% dengan hidrokarbon 1000 ppm,” terangnya.

Uji emisi ini didasarkan pada Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No.8/2023 tentang Penerapan Baku Mutu Emisi Kendaraan Bermotor. “Tujuannya mendisiplinkan para pemilik kendaraan bermotor agar mematuhi baku emisi yang ada,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ratusan Rumah Terendam Akibat Luapan Sungai Cibeureum

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement