Advertisement

Hasil Panen Bagus, Petani Tembakau Gunungkidul Semingrah

David Kurniawan
Jum'at, 15 September 2023 - 14:27 WIB
Maya Herawati
Hasil Panen Bagus, Petani Tembakau Gunungkidul Semingrah Salah seorang petani di Kalurahan Watusigar sedang menyirami tanaman tembakau agar bisa tumbuh subur, belum lama ini. - Harian Jogja - David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Petani tembakau di Gunungkidul bisa tersenyum lebar. Pasalnya, selain hasil panen bagus, harga jual tembakau juga mengalami kenaikan yang signifikan.

Salah seorang petani tembakau di Kalurahan Pampang, Paliyan, Wasnadi mengatakan, sejak Agustus lalu sudah memasuki panen raya tembakau. Di tahun ini, ia menanam bibit sebanyak 1.200 batang di lahan seluas satu hektare.

Advertisement

“Sudah panen dan sekali penaman bisa memanen daun tembakau hingga enam kali pemetikan,” kata Wasnadi, Jumat (15/9/2023).

Dia menjelaskan, selama pemeliharaan sempat ada gangguan hama seperti ulat dan thrips. Hanya saja, serangan tersebut dapat dikendalikan sehingga panenan bisa tetap bagus.

“Untuk ulat ada pemberian obat dari Perusahaan. Sedangkan hama thrips berhasil diatasi dengan bantuan dari petugas dari Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul,” ungkapnya.

Menurut Wasnadi, petani semakin semingrah karena harga jual tembakau yang naik signifikan. Tahun lalu, harganya hanya di kisaran Rp23.000 per kilogram.

Namun panen kali ini, harga bisa menembus Rp45.000 per kilo untuk kualitas yang bagus. Sedangkan untuk yang kualitas normal di kisaran Rp30.000-40.000 per kilogram.

BACA JUGA: Pembangunan Tol Jogja-Solo Dorong Pertumbuhan Kredit di DIY

“Kami sangat bersyukur karena harga yang bagus, maka panen tembakau bisa menopang perekonomian para petani,” katanya.

Wasnadi menduga kenaikan harga tembakau disebabkan karena stok di pabrik yang mengalami kekosongan. Akibatnya permintaan menjadi tinggi untuk mengisi kekosongan tersebut. “Untuk pemasaran kami tidak ada masalah karena hasil panen petani dikumpulkan, kemudian diambil oleh perusahaan,” katanya.

Sedangkan petani tembakau di Kalurahan Giritirto, Purwosari, Mandoyo, Gunungkidul. Menurut dia, hasil panen sangat bagus juga didukung harga jual yang baik. “Tentunya dengan harga yang tinggi, maka petani dapat merasakan hasilnya,” katanya.

Mandoyo berharap harga tembakau bisa terus stabil dan tidak ada penurunan sehingga upaya menyejahterakan petani benar-benar dapat diwujudkan. “Kami senang dan mudah-mudahan harga bisa terus stabil,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipanggil MKD, Ketua MPR Bambang Soesatyo Mangkir

News
| Kamis, 20 Juni 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Punya Pantai Terbaik untuk Berselancar, Ini Daftarnya

Wisata
| Senin, 17 Juni 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement