Advertisement

Duh, 30% Destinasi Wisata Air di Bantul Belum Punya Tim Penyelamat

Stefani Yulindriani Ria S. R
Kamis, 21 September 2023 - 22:07 WIB
Arief Junianto
Duh, 30% Destinasi Wisata Air di Bantul Belum Punya Tim Penyelamat Kepala Dispr Bantul, Kwintarto Heru Prabowo. - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Pariwisata (Dispar) Bantul menyebut ada sekitar 20%-30% destinasi wisata air di Bumi Projotamansari tidak memiliki tim penyelamat.

Untuk mengantisipasi kecelakaan air, Dispar Bantul mendorong agar pengelola destinasi wisata memiliki tim penyelamatan sesuai standar keamanan dan keselamatan. 

Advertisement

Kepala Dispar Bantul, Kwintarto Heru Prabowo menyampaikan destinasi wisata air seharusnya memiliki alat keselamatan, dan petugas keamanan yang memiliki keahlian khusus untuk menyelamatkan wisatawan apabila terjadi kecelakaan air. 

Menurut Kwintarto, sebagian besar destinasi wisata air saat ini telah menyediakan alat keselamatan seperti rompi pelampung, meskipun begitu masih banyak destinasi wisata yang tidak memiliki petugas penyelamatan khusus. 

“Standarnya kalau di wisata air harus ada orang yang tahu teknik penyelamatan, kedua standarisasinya menggunakan pelampung. Insyaallah sebagian besar penggunaan pelampung [sudah], yang belum justru belum semuanya diadakan pelatihan khusus,” katanya saat ditemui di kantor Dispar Bantul, Rabu (20/9/2023). 

Kwintarto pun mengaku telah mengimbau pengelola destinasi wisata tersebut agar segera menyiapkan tim penyelamatan khusus agar keamanan dan keselamatan wisatawan dapat terjaga. 

“Kami sudah mengimbau dari Badan Penanggulangan Bencana [BPBD Kabupaten Bantul], Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan [Basarnas] ditekankan bahwa tim penyelamatan ini khusus, bukan hanya pengelola saja, ilmunya renang ini khusus harus ada teknisnya,” katanya. 

BACA JUGA: Wisata Air Sungai Oya Bakal Dibuka Kembali, Ini Catatanya

Menurutnya ada program pelatihan keamanan dan keselamatan yang digelar secara periodik di Kabupaten Bantul. Dia pun berharap pengelola destinasi wisata dapat mengirimkan petugas untuk dapat berpartisipasi dalam pelatihan tersebut. 

“Kami ada program secara periodik, terutama pengelola destinasi wisata air agar segera berkoordinasi dan dilakukan pelatihan oleh Basarnas. Pemerintah akan memberikan dukungan agar pariwisata tetap berjalan, agar jangan sampai karena keteledoran atau kekurang siapan terjadi hal yang tidak diinginkan,” katanya. 

Dia pun mengimbau agar wisatawan dapat selektif memilih destinasi wisata air yang aman untuk dikunjungi. “Wisatawan kami harap juga bisa lebih selektif, menanyakan di sana apakah ada petugasnya [tim penyelamat] atau belum, termasuk fasilitasnya. Saya menyarankan lebih utamakan keselamatan daripada kesenangan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pilgub Jateng 2024: PKS Janjikan 1,6 Juta Suara untuk Ahmad Luthfi-Taj Yasin melalui Gerakan Ketok Pintu

News
| Senin, 16 September 2024, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement