Advertisement

Dinkes Bantul Survei di Kawasan Risiko Tinggi, 10 Orang Positif HIV

Lugas Subarkah
Kamis, 21 September 2023 - 13:47 WIB
Mediani Dyah Natalia
Dinkes Bantul Survei di Kawasan Risiko Tinggi, 10 Orang Positif HIV HIV/AIDS - Pixabay

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL–Sebanyak 10 orang di bantul dinyatakan positif HIV, tepatnya di kawasan Parangkusumo, Samas dan Kasihan. Hal ini terungkap dalam sero survei yang dilakukan Dinas Kesehatan Bantul di kawasan berisiko tinggi.

Kepala Bidang Penanggulangan Penyakit Dinas Kesehatan Bantul, Samsu Aryanto, menjelaskan sero survei menyasar sejunlah lokasi berisiko tinggi penularan HIV seperti salon pijat, pasangan homoseksual, penjaja seks hingga pengguna narkoba suntik.

Advertisement

Beberapa wilayah yang menjadi sasaran di antaranya kawasan pantai Parangkusumo, Samas, Kapanewon Banguntapan dan Kasihan. "Hasilnya dari Samas lima orang, Kretek [Parangkusumo] empat orang dan seorang lainnya di Kasihan," ujarnya saat dikonfirmasi, Kamis (21/9/2023).

Baca Juga: Ada 1.472 Pengidap HIV di Jogja, Fasilitas Perawatan Akan Ditambah

Adapun sero survei merupakan metode survei yang menggunakan tes darah guna memeriksa antibodi tubuh. "Menggunakan rapid test kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan di puskesmas wilayah setempat. Di puskesmas dilakukan pemeriksaan pada R1, R2 dan R3 dengan hasil positif HIV 10 orang," katanya.

10 orang tersebut menurutnya berasal dari usia produktif dan didominasi perempuan. Di samping itu, mereka juga bukan warga Bantul, melainkan pendatang dari luar daerah yang bekerja di tempat berisiko tinggi penularan HIV. 

Terhadap 10 orang yang terkonfirmasi positif HIV itu, pihaknya melakukan edukasi dan pengawasan agar rutin menjalani terapi dan pengobatan. "Berdasarkan pantauan kami, kesepuluhnya rutin melakukan terapi dan pengobatan sesuai dengan arahan yang kami berikan," paparnya.

Baca Juga: Gawat! Puluhan Balita di Gunungkidul Tertular HIV Aids

Selain itu, pihaknya juga mengedukasi 10 orang tersebut agar menjalani pola hidup sehat, makan makanan bergizi dan membatasi aktivitas seksual agar tidak menularkan HIV. "Diedukasi untuk hidup bersih dan sehat," kata dia.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Bantul, sejak awal 2023 hingga bulan Juni, tercatat ada 91 warga yang terpapar HIV. Jumlah kasus per bulan cukup fluktuatif, yakni Januari 16 kasus, Februari 18 kasus, Maret 19 kasus, April 14 kasus, Mei 20 kasus dan Juni empat kasus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Jogjapolitan | 11 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Fakta-fakta Seputar Korupsi SYL yang Terungkap di Persidangan, dari Beli Mobil, Kaca Mata hingga Bayar Biduan

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 08:27 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement