Advertisement

Menghadapi Low Season, PHRI Bantul Imbau Hotel Lakukan Efisiensi Biaya Operasional

Stefani Yulindriani Ria S. R
Senin, 25 September 2023 - 16:47 WIB
Mediani Dyah Natalia
Menghadapi Low Season, PHRI Bantul Imbau Hotel Lakukan Efisiensi Biaya Operasional Ilustrasi Hotel / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL–Memasuki masa low season, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Bantul mengimbau agar hotel di Kabupaten Bantul melakukan efisiensi biaya operasional. 

Ketua PHRI Kabupaten Bantul, Yohanes Hendra mengakui selama Agustus-September 2023 merupakan masa low season. Selama masa tersebut tingkat hunian kamar hotel di Kabupaten Bantul cukup rendah. 

Advertisement

“Kita tidak bisa membantah Agustus-September [2023] bahkan tingkat hunian sekitar 40 persen,” katanya melalui telepon, Senin (25/9/2023). 

Menurut Yohanes rendahnya tingkat hunain tersebut dipengaruhi karena saat ini di Indonesia tidak memasuki musim libur. Menurut Yohanes, wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Bantul masih didominasi wisatawan domestik, sehingga musim libur yang berlaku di Indonesia akan sangat berpengaruh terhadap tingkat hunian kamar hotel di Kabupaten Bantul. 

Selama masa low season, Yohanes pun mengimbau agar pengelola hotel dapat melakukan efisiensi biaya operasional. 

“Kita [hotel] harus hadapi [masa low season] dengan mengurangi anggaran yang tidak penting, misal elektrikal yang tidak digunakan dapat dimatikan, kita lebih safety terhadap pengeluaran yang ada,” katanya. 

Selain itu selama masa low season menurut Yohanes pengelola hotel biasanya akan memanfaatkan waktu tersebut untuk merancang program yang akan ditawarkan pada masa high season. 

“Biasanya kita berpromosi, entah itu travel dialog, atau simple gathering, mengundang teman agent atau table top. Kesempatan low season itu biasanya digunakan untuk meng-create program beberapa bulan ke depan atau tahun depan,” katanya. 

Menurut Yohanes pada masa high season yang terjadi sekitar November-Desember 2023, beberapa hotel di Kabupaten Bantul akan melakukan kerja sama business to business dengan travel agent untuk mempromosikan paket menginap yang dapat dinikmati wisatawan. “Kalau di tempat kami biasanya kam bekerjasama dengan agent travel, supaya mereka bisa menawarkan ke klien mereka,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pesawat Cessna Jatuh di BSD Tangsel, 3 Orang Tewas

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement