Advertisement

Keren, MM Kine Klub UMY Bawa Pulang Piala BISFF 2023

Lugas Subarkah
Senin, 25 September 2023 - 17:37 WIB
Mediani Dyah Natalia
Keren, MM Kine Klub UMY Bawa Pulang Piala BISFF 2023 Mahasiswa UMY Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Agama Islam (KPI FAI) yang merupakan sutradara Dusner, Yusuf Hayy (kiri) membawa piala BISFF 2023, di Bandung, beberapa waktu lalu.(IST UMY)

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Multimedia (MM) Kine Klub Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melalui film Dusner berhasil memenangkan Bandung International Student Film Festival (BISFF) 2023, mengalahkan peserta lainnya dari delapan negara.

Dusner meraih peringkat pertama dalam nominasi Film Fiksi Nasional. Terdapat 153 film dari 4 kategori yang mengikuti BISFF tahun ini. Delapan negara yang mengikuti BISFF 2023, yakni Indonesia, Australia, Polandia, Jerman, Malaysia, Amerika Serikat, Belanda dan Kanada.

Advertisement

Mahasiswa UMY Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Agama Islam (KPI FAI) yang merupakan sutradara Dusner, Yusuf Hayy, menuturkan dirinya dan seluruh crew MM Kine Klub didampingi oleh dua dosen Ilmu Komunikasi UMY, telah bekerja keras untuk memproduksi film ini dan akhirnya memenangkan festival ini.

"Saya sendiri berharap film Dusner akan bermanfaat bagi semua orang sebagai media pembelajaran. Dan sebagai anggota MM KINE KLUB UMY, kita harus tetap berkarya dan mengembangkan sayap kita selebar mungkin," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (25/9/2023).

Dusner adalah film yang memiliki latar belakang kisah perjalanan dua mahasiswa yang sedang menelusuri hutan Papua. Mereka memiliki tujuan akhir menemukan seorang dukun yang merupakan penutur terakhir bahasa Dusner.

“Kemampuan dukun ini dibutuhkan guna uji coba kolaborasi aplikasi kamus online dengan bahasa tersebut. Namun di tengah perjalanan, mereka dihadapkan dengan konflik batin dan berbagai rintangan lainnya,” paparnya.

Dosen Pembimbing dan Executive Producer Film Dusner, Muhammad Muttaqien, bersyukur atas capaian Dusner. “Hal ini merupakan sebuah capaian yang diinginkan dari semua pembuat karya. Dalam proses praproduksi, Kine sudah melakukan riset dan bedah naskah terlebih dahulu kemudian didistribusikan ke berbagai festival,” katanya.

MM Kine Klub UMY merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang sudah aktif sejak 1997. Sepanjang 26 tahun ini, MM Kine Klub UMY berkomitmen untuk terus mengharumkan nama organisasi dan institusi melalui prestasi-prestasi ke depannya, baik yang berskala nasional maupun internasional.

Adapun BISFF 2023 diselenggarakan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) dan berlangsung pada 15-22 September 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Presiden PKS Ahmad Syaikhu Diusulkan Jadi Cagub DKI Jakarta

News
| Sabtu, 27 April 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement