Advertisement

Hari Kesaktian Pancasila: PKS DIY Ziarah ke TMP Kusumanegara, Ingatkan Jas Merah

Sunartono
Minggu, 01 Oktober 2023 - 08:37 WIB
Sunartono
Hari Kesaktian Pancasila: PKS DIY Ziarah ke TMP Kusumanegara, Ingatkan Jas Merah Sejumlah pengurus DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DIY melakukan ziarah ke kuburan pahlawan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumanegara Jogja, Sabtu (30/9/2023). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sejumlah pengurus DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DIY melakukan ziarah ke kuburan pahlawan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumanegara Jogja, Sabtu (30/9/2023). Ziarah itu dilakukan untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada 1 Oktober.

Sejumlah politikus pks yang hadir antara lain Wakil Ketua DPrd diy Huda Tri Yudiana, Ketua Fraksi PKS DPRD DIY Imam Taufik, Anggota DPRD DIY Muhammad Syafii dan sejumlah tokoh lainnya. Rombongan dipimpin oleh Ketua DPW PKS DY Agus Mas’udi.

Advertisement

BACA JUGA : Mengapa Memperingati Hari Kesaktian Pancasila? Begini Sejarahnya

Ziarah pertama dilakukan di pusara Panglima Besar Jenderal Sudirman yang berada di cungkup bagian tengah TMPP. Kemudian bergeser ke sisi barat untuk menziarahi pusara Brigadir Jenderal TNI (Anumerta) Katamso Darmokusumo dan Kolonel Infantri (Anumerta) R. Sugiyono Mangunwiyoto yang keduanya merupakan pahlawan revolusi menjadi korban G30S/PKI. Para politikus PKS juga menziarahi makam Profesor Sardjito yang telah dinobatkan menjadi pahlawan nasional pada 2019 silam.

“Kegiatan ziarah ke TMP Kusumanegara ini sudah menjadi rutinitas PKS DIY ketika jelang Hari Kesaktian Pancasila serta peringatan G30S/PKI. Bisa dicek di buku tamu tahun lalu,” kata Agus Mas’udi kepada wartawan.

Melalui ziarah tersebut, ia berusaha mengingatkan kepada seluruh kader dan simpatisan PKS serta masyarakat umum agar tidak melupakan sejarah. Bahkan di hari tersebut ada peristiwa yang memilukan dan gugurnya para pahlawan sekaligus sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan tersebut.

BACA JUGA : Jokowi Inspektur Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya

“Kegiatan ziarah ini juga menjadi bentuk aplikasi perkataan Bung Karno yang terkenal, Jas Merah atau Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah. Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan sejarahnya", katanya.

Ia juga mengingatkan generasi muda sebagai penerus bangsa dan seluruh rakyat Indonesia mengambil pelajaran serta mewaspadai paham komunisme yang berkembang agar peristiwa kudeta seperti peristiwa kelam tidak terulang kembali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Raja Charles III Kembali Jalani Tugas Setelah Pengobatan Kanker

News
| Sabtu, 27 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement