Advertisement

Salah Satu Kampus di Sleman Masuk Jajaran Top Perguruan Tinggi Dunia

Catur Dwi Janati
Selasa, 03 Oktober 2023 - 20:47 WIB
Mediani Dyah Natalia
Salah Satu Kampus di Sleman Masuk Jajaran Top Perguruan Tinggi Dunia Universitas Gadjah Mada / ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Times Higher Education World University Rankings (THE WUR) 2024 merilis pemeringkatan perguruan tinggi dunia terbaru dirilis beberapa waktu lalu. Salah satu kampus di Sleman yakni Universitas Gadjah Mada (UGM) berada pada kelompok perguruan tinggi peringkat 1201-1500 dunia. 

Di Indonesia, berdasarkan hasil perolehan skor keseluruhan UGM menduduki peringkat terbaik kedua dan menjadi yang paling unggul pada kategori penilaian bidang industri.

Advertisement

"Terima kasih kepada seluruh pihak yang terus memberikan dukungan dan perhatian bagi kemajuan UGM. Tentu kita akan terus berproses untuk menjadi lebih baik, bukan sekadar untuk memperoleh pengakuan tapi untuk bisa memberi dampak," kata Rektor UGM, Prof. Ova Emilia pada Selasa (3/10/2023).

Baca Juga: Daftar Universitas Negeri dan Swasta Terbaik di Indonesia, Ada 6 dari Jogja

Pada pemeringkatan kali ini, THE WUR memberikan skor keseluruhan sebesar 26,91 kepada UGM. Skor ini lebih uggul dari sejumlah perguruan tinggi lain yang berada pada kelompok yang sama.

"Sejalan dengan peradaban yang terus berkembang, tentu perguruan tinggi juga harus terus bertransformasi dalam menghadirkan pembelajaran yang bermakna bagi mahasiswa," ungkapnya.

Angka yang diperoleh tahun ini juga lebih besar dari skor UGM pada sebelumnya yang berada pada kisaran 18,4-24,3. Sama seperti pada tahun sebelumnya, perolehan skor tertinggi UGM adalah pada indikator industri. Namun peningkatan skor juga terlihat pada indikator lain, salah satunya pada indikator International Outlook.

"Untuk mempersiapkan mereka [mahasiswa] menghadapi berbagai tantangan ke depan. Kami berupaya memfasilitasi mahasiswa untuk bisa belajar di dalam maupun di luar kampus, belajar dari para dosen maupun praktisi dan teman-teman sebaya mereka melalui berbagai kegiatan yang positif," terang Ova.

THE WUR menyediakan daftar definitif dari perguruan tinggi terbaik di dunia dengan penekanan pada misi penelitian. Pemeringkatan dilakukan menggunakan 18 indikator kinerja yang telah dikalibrasi dengan cermat untuk mengukur kinerja institusi dalam lima bidang yaitu pengajaran, lingkungan penelitian, kualitas penelitian, industri, dan prospek internasional.

Pada THE Impact Rankings yang lebih dulu dirilis pada pertengahan tahun, UGM masuk dalam jajaran 50 perguruan tinggi terbaik dunia yang memberikan kontribusi dalam pencapaian SDGs 1, 7 dan 9.

Baca Juga: Ini Daftar Universitas Terbaik di Indonesia Versi QS WUR 2023, UGM Salip UI

"Misi UGM sebagaimana dimandatkan oleh para pendirinya adalah menjalankan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat serta pelestarian dan pengembangan ilmu yang unggul dan bermanfaat bagi masyarakat. Kontribusi UGM dalam pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan adalah bukti dari pelaksanaan misi tersebut," tambahnya.

Meski bukan menjadi tujuan utama, menurut Ova keberadaan pemeringkatan perguruan tinggi menjadi hal yang penting untuk menakar sejauh mana perguruan tinggi telah berproses dalam menghadirkan pendidikan yang berkualitas dan dampak nyata bagi masyarakat. Ova pun mengajak seluruh sivitas UGM dan pemangku kepentingan terkait untuk mengambil peran bagi kemajuan UGM.

"Kita berproses memang bukan untuk mengejar peringkat, tetapi penting juga melihat hal ini sebagai salah satu bentuk evaluasi bagi kita. Mari kita rapatkan barisan, bergerak bersama untuk UGM yang kita cintai," tandasnya. (Catur Dwi Janati)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pascaputusan MK dan Penetapan KPU, Mungkin Akan Ada Susunan Koalisi Baru Prabowo-Gibran

News
| Sabtu, 27 April 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement