Advertisement

Kasus 5 Orang Tewas Akibat Miras Masih Disidik Polres Bantul

Stefani Yulindriani Ria S. R
Sabtu, 07 Oktober 2023 - 13:47 WIB
Maya Herawati
Kasus 5 Orang Tewas Akibat Miras Masih Disidik Polres Bantul Minuman keras - Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL–Kasi Humas Polres Bantul Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana menyampaikan Polres Bantul tengah melakukan upaya penyidikan mengenai penyebab kematian 5 orang yang diduga karena mengkonsumsi miras beberapa hari lalu.

Menurut Jeffry pihaknya telah melakukan pengecekan dan pengamanan tempat kejadian perkara (TKP) tempat para korban meminum miras oplosan. Dari TKP diamankan beberapa barang yakni sebuah botol plastik warna bening menggunakan tutup warna putih berisi sisa minuman yang diduga miras.

Advertisement

Miras oplosan yang ada dalam botol tersebut berwarna kuning bening. Kemudian ada 6 botol plastik kosong warna bening bekas minuman, 2 kaleng kosong green sands, sebuah botol plastik kosong minuman sprite, sebuah botol plastik kosong minuman orange water, 9 bungkus sachet kosong minuman SDC-1000, dan sebuah bungkus sachet kosong minuman nutrisari.

Selain itu menurut Jeffry, Polres Bantul juga telah meminta keterangan dari 11 saksi. Dari keterangan para saksi, menurutnya belum ada yang dapat menerangkan asal miras oplosan tersebut.

“Saksi-saksi belum ada yang dapat menerangkan secara jelas mengenai asal usul minuman keras beralkohol yang diduga menyebabkan kejadian orang meninggal dunia,” katanya, Jumat (6/10/2023). 

BACA JUGA: Konsolidasi Nasional Relawan Alap-Alap, Jokowi: Saya Senang

Sementara saksi pihak keluarga belum dapat dimintai keterangan karena masih dalam keadaan berduka.

Kemudian, koordinasi dengan pihak RSUD Panembahan Senopati Bantul dan Polsek Jajaran Polres Bantul dan Polda DIY yang terdapat kejadian serupa pun telah dilakukan.

Dari berbagai upaya tersebut, menurut Jeffry, Polres Bantul menemukan bahwa orang yang mengetahui asal usul minuman keras tersebut berinisial AS yang juga merupakan korban miras tersebut.

Dari situ, menurut Jeffry, Polres Bantul berencana untuk terus menindaklanjuti kasus tersebut dengan meminta keterangan keluarga korban, dan memeriksa kandungan sisa miras tersebut.

Jeffry pun menegaskan bahwa Polres Bantul masih melakukan pengecekan terhadap zat yang terkandung dalam sisa minuman yang ada di TKP untuk dapat mengetahui penyebab kematian para korban. Menurutnya dugaan minuman tersebut yang menyebabkan para korban meninggal pun tidak dapat disimpulkan saat ini, karena pemeriksaan zat yang ada dalam minuman tersebut masih dalam proses pemeriksaan.

“Melakukan pemeriksaan zat-zat yang terkandung dalam sisa minuman yang diduga minuman keras beralkohol yang ditemukan di TKP,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Polisi Tangkap 300 Demonstran Pro Palestina di New York

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement