Advertisement

Mendadak Sakit Gigi, JKN Siap Menjamin

Media Digital
Kamis, 12 Oktober 2023 - 13:27 WIB
Maya Herawati
Mendadak Sakit Gigi, JKN Siap Menjamin Muhammad Faris Asfihany pengguna BPJS Kesehatan.

Advertisement

SLEMAN—Sudah tiga kali Muhammad Faris Asfihany menggunakan penjaminan dari Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan untuk pengobatan sakit giginya. Penyakit yang sudah lama dia derita memang perlu penanganan secara berkala.

Sepertinya beberapa kalangan masyarakat punya penyakit menahun. Bisa karena alergi atau kondisi beberapa bagian tubuh yang memang perlu penanganan khusus. Faris salah satunya. Dia sudah lama punya penyakit gigi. Tentu tidak setiap hari terasa sakit, tetapi kadang kala kumat di waktu-waktu yang tidak tepat.

Advertisement

Menjadi fleet coordinator di salah satu perusahaan ekspedisi di Jogja, membuat tanggung jawabnya cukup besar. Perlu fokus dan totalitas dalam menjalankan pekerjaan, sehingga kondisi sakit sebisa mungkin diminimalkan.

Meski pada akhirnya sakit tetap bisa singgah di tubuh Faris. “Selama sakit gigi kumat, saya menggunakan fasilitas JKN kurang lebih sudah tiga kali. Kebetulan dapat fasilitas BPJS dari kantor,” kata Faris, Rabu (4/10/2023).

BACA JUGA: Dampak Kekeringan Air Tanah di DIY Menyusut, Wilayah Ini Terancam Krisis Air

Menurut laki-laki yang tinggal di Sleman ini, penjaminan JKN membantu kehidupan masyarakat, terutama dengan ekonomi kelas menengah. Ruang pendapatan untuk berobat bisa digunakan untuk kebutuhan lain.

Terlebih belum lama ini Faris baru saja menikah dan membangun rumah tangga. Di samping perlu kebutuhan yang besar untuk mengurus banyak hal, perlu semakin menjaga kesehatan agar bisa mencari nafkah untuk keluarganya. Dan apabila sakit, maka ada BPJS Kesehatan yang dapat ia gunakan untuk mengakses pengobatan tanpa khawatir biaya.

Selama mengakses pengobatan dengan penjaminan JKN, Faris merasa pelayanannya cukup baik. “Waktu itu berobat di Klinik Bangun Husada di Depok, Sleman. Pelayanannya baik, dari segi pemberian obat sampai sisi konsultasi. Dokter memberikan saran serta solusi bagi penderita gigi yang sedang tidak baik-baik saja,” kata laki-laki berusia 25 tahun ini.

Pelayanan juga tergolong cepat dan sama dengan pasien umum. Faris berharap sakit giginya ke depan tidak kumat lagi. Misal terpaksa sakit dan harus berobat, dia memanfaatkan aplikasi Mobile JKN.

“Pernah juga untuk mengambil antrean, jadi cukup memudahkan, karena semua layanan dalam satu genggaman,” katanya. “Cepet dan enggak ribet menggunakan aplikasi Mobile JKN.” (BC)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemimpin Hamas Yahya Sinwar Tewas Dibunuh Israel

News
| Jum'at, 18 Oktober 2024, 14:07 WIB

Advertisement

alt

Komunitas Vespa di Jogja Memulai Perjalanan ke Sabang Demi Mendapatkan Biji Kopi Lokal Setiap Daerah

Wisata
| Rabu, 16 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement