Advertisement

Belum Semua Kalurahan di Sleman Punya Keinginan Miliki Badan Usaha

Jumali
Minggu, 22 Oktober 2023 - 15:27 WIB
Arief Junianto
Belum Semua Kalurahan di Sleman Punya Keinginan Miliki Badan Usaha Ilustrasi. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kelurahan Kabupaten Sleman mencatat dari 86 kalurahan yang ada di wilayahnya, baru ada 72 kalurahan yang telah membentuk BUMKal. Dari 72 BUMKal yang tersebar di 17 kapanewon itu, baru 5 yang telah masuk kategori maju.

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Dinas PMK Sleman, Sungkawati Budi Rahayu mengatakan belum semua kalurahan memiliki keinginan untuk membentuk BUMKal. Hal inilah yang membuat tidak semua kalurahan di Sleman memiliki BUMKal, padahal BUMKal dibentuk untuk memberi keuntungan terutama pada pendapatan asli di masing-masing kelurahan. "Jadi inilah yang jadi salah satu tantangannya. Sebab, tidak semua kalurahan pengin punya BUMKal," katanya, Minggu (22/10/2023).

Advertisement

Selain itu, Sungkawati mengakui jika banyak BUMKal yang saat ini kondisinya kurang sehat. Hal ini disebabkan, karena BUMKal tersebut belum dikelola dengan baik. Padahal, lanjut dia, jika BUMKal dikelola dengan serius, tentu akan mendatangkan pendapatan yang optimal, yang akhirnya kesejahteraan masyarakat juga meningkat.

BACA JUGA: Reformasi Kalurahan di DIY, Ini Detail Sumber Pembiayaannya

"Ada juga kalurahan yang tidak tahu potensi yang dimilikinya. Kami sendiri terus berupaya mendorong mereka untuk membentuk dan memberdayakan keberadan BUMKal," jelas Sungkawati.

Sugkawati mengungkapkan, keberadaan BUMKal sejatinya sangat penting, karena keberadaan BUMKal akan menjadi peluang bagi kalurah untuk dapat mengembangkan potensinya. "Butuh kesadaran dari Pemkal untuk membentuk BUMKal. Butuh kerelaan bersama jika potensi yang dimiliki dikelola oleh BUMKal,” katanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hari Kedua Perundingan Gencatan Senjata, Perang Israel-Hamas Masih Buntu

News
| Minggu, 05 Mei 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement