Advertisement

Proyek SPAM Tahun Ini Bangun 495 SR, 8 Kalurahan di Kulonprogo Bisa Akses Air Bersih

Andreas Yuda Pramono
Kamis, 26 Oktober 2023 - 16:57 WIB
Arief Junianto
Proyek SPAM Tahun Ini Bangun 495 SR, 8 Kalurahan di Kulonprogo Bisa Akses Air Bersih Ilustrasi instalasi air bersih / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Proyek sistem penyediaan air minum (SPAM) tahun ini di Kulonprogo telah dirampungkan. Proyek tersebut berhasil membangun 495 sambungan rumah (SR). 

Kabid Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kulonprogo, Yuniar Wibowo mengatakan bahwa terdapat delapan kalurahan yang menjadi sasaran pembangunan SPAM yaitu Kalurahan Giripurwo, Banjarsari, Hargotirto, Banjarasri, Ngargosari, Purwosari, Pendoworejo, dan Banjararum.

Advertisement

Yuniar menambahkan pekerjaan air bersih bersumber dari dana APBD ada tiga kalurahan, sedangkan dari Danais ada lima kalurahan. SPAM tersebut dibangun bekerja sama dengan kelompok keswadayaan masyarakat (KKM). “Pekerjaan kami yang air bersih sudah selesai. Kontrak dengan KKM sampai dengan 28 Oktober 2023,” kata Yuniar dihubungi, Kamis (26/10/2023). 

Rinciannya, di Giripurwo ada 25 SR, Banjarsari dan Banjarasri ada 70, Hargortirto, Ngargosari, Purwosari masing-masing ada 65, Pendoworejo ada 55, dan Banjararum ada 80 SR.

Setelah selesai dilakukan pekerjaan air bersih, DPUPKP mulai melakukan kegiatan uji fungsi pada pekerjaan air bersih pada pekan ketiga bulan Oktober 2023.

“Uji fungsi dilaksanakan untuk mengecek apakah sarana prasarana air minum yang telah dibangun oleh KKM Air Bersih bisa berfungsi dengan baik atau tidak serta kesesuaian dengan spesifikasi teknis yang direncanakan,” katanya.

BACA JUGA: Disepakati, Anggaran Pembangunan SPAM Kamijoro Hampir Rp1 Triliun

Peninjauan dalam rangka uji fungsi dilakukan mulai dari sumber air, bak penampungan air, perpipaan sampai sambungan rumah.

Sementara itu, Ketua Tim Pelaksana Penyehatan Lingkungan DPUPKP Kulonprogo, Silvi Irvi Yanti mengatakan anggaran yang digelontorkan Pemkab Kulonprogo untuk membangun SPAM 2023 mencapai Rp2,2 miliar. “Kalau yang bersumber dari Dana Keistimewaan 2023 ada Rp2,1 miliar. Jadi totalnya untuk membangun SPAM ada Rp4,3 miliar,” kata Silvi.

Mengacu pada rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN), kata Silvi target standar pelayanan minimal (SPM) akses air bersih 100% pada 2024.

Namun, apabila melihat rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD), Pemkab Kulonprogo belum mampu mencapai target tersebut tahun depan. “Data kami pada akhir 2022 itu sambungan perpipaan sudah mencapai 94,25 persen,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Turki Pukul Israel dengan Embargo Hubungan Perdagangan

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Grand Rohan Jogja Hadirkan Fasilitas Family Room untuk Liburan Bersama Keluarga

Wisata
| Senin, 06 Mei 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement