Advertisement

JJLS Tersambung Bakal Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi, Ini Program yang Disiapkan Pemkab Gunungkidul

David Kurniawan
Sabtu, 28 Oktober 2023 - 06:47 WIB
Ujang Hasanudin
JJLS Tersambung Bakal Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi, Ini Program yang Disiapkan Pemkab Gunungkidul Proyek JJLS - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Tersambungnya Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) di pesisir Gunungkidul diperkirakan akan mendongkrak pertumbuhan ekonomi. Berbagai program dipersiapkan oleh Pemkab Gunungkidul untuk menyambut peluang ini.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Gunungkidul, Mohammad Arif Aldian mengatakan, pembangunan JJLS akan berdampak signifikan terhadap upaya pengembangan di sektor pesisir. Di 2024 sudah dipersiapkan berbagai program untuk mendukung dalam pengembangan Kawasan.

Advertisement

Menurut dia, dari sisi regulasi sudah menyiapkan program penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Pantai Selatan di bagian tengah. keberadaan aturan ini menjadi kunci karena akan memperjelas dari sisi peruntukan maupun ases kemanfaatan.

“Tata ruangnya akan lebih didetailkan lagi sehingga akan semakin jelas peruntukannya,” kata Aldian, Jumat (27/10/2023).

Persiapan tidak hanya dari regulasi, namun di tahun depan juga ada sejumlah program kegiatan yang dijalankan. Sesuai perencanaan yang dibuat akan dilakukan pembangunan tempat penangkaran dan konservasi satwa lokal.

Keberadaan tempat konservasi tidak hanya untuk pelestarian satwa, namun juga berpotensi pengembangan wisata. “Lokasinya berada di Giritirto, Kapanewon Purwosari,” katanya.

BACA JUGA: Sudah Diaspal, Kini JJLS Pansela Gunungkidul Sudah Tersambung

Menurut Aldian, tersambungnya JJLS juga berpotensi meningkatkan kunjungan wisata dikarenakan akses menuju destinasi jadi lebih banyak. Potensi melonjaknya kunjungan harus diantisipasi dengan tujuan pengunjung tetap bisa diberikan rasa aman dan nyaman.

Selain itu, juga ada kesiapan event untuk menunjang daya Tarik wisata. Salah satunya dengan konsep beach an run yang melibatkan pengunjung.

“Konsep pengembangan yang dilakukan juga disesuaikan dengan program dari Pemerintah DIY untuk menjadikan pesisir sebagai halaman depan. Secara simultan program terus dijalankan untuk mendukung pengembangan Kawasan,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ini Loh Penampakan Rumah Mewah Syahrul Yasin Limpo yang Disita KPK

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement