Advertisement

Ribuan Pesilat Bakal Meriahkan Pencak Malioboro Festival di Jogja

Yosef Leon
Rabu, 08 November 2023 - 21:47 WIB
Arief Junianto
Ribuan Pesilat Bakal Meriahkan Pencak Malioboro Festival di Jogja Perwakilan panitia Pencak Malioboro Festival 2023 memberikan keterangan kepada wartawan, Rabu (8/11/2023). - Harian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Ribuan pesilat akan hadir memeriahkan agenda Pencak Malioboro Festival ke-7 pada 10-11 November 2023 di seputaran kawasan Malioboro.

Kegiatan tahunan berskala internasional ini diharapkan dapat membangkitkan kembali, melestarikan dan mempopulerkan pencak silat sebagai warisan budaya bangsa Indonesia. 

Advertisement

Perwakilan panitia Pencak Malioboro Festival Antok Sugiarto menjelaskan, agenda di tahun ini merupakan awal kebangkitan pihaknya setelah selama tiga tahun sebelumnya kegiatan tersebut terhenti akibat pandemi Covid-19. Untuk itu pada tahun ini panitia penyelenggara membuat sesuatu yang cukup berbeda dibandingkan tahun sebelumnya. 

"Perbedaannya pada lomba koreografi pencak silat diadakan langsung dua kategori yakni umum dan anak, di mana kategori umum akan memperebutkan Piala Sri Sultan Hamengku Buwono X dan kategori anak akan memperebutkan piala Sri Paduka KGPAA Paku Alam X," kata Antok, Rabu (8/11/2023). 

Selain itu agenda kirab pencak silat yang biasa hadir pun juga ditiadakan pada tahun ini lantaran pertimbangan untuk mengurangi residu dari perkembangan yang terjadi di komunitas pencak silat belakangan serta dikarenakan sudah memasuki masa Pemilu. 

BACA JUGA: Puji Penampilan Pencak Silat di Rakernas LDII, Jokowi: Karena Ketuanya Pak Prabowo

"Dengan mengusung tema beragam tidak harus seragam, tetap bersatu dalam perbedaan, kami bertekad dapat merangkul semua elemen pencak silat tradisional, baik itu aliran, perguruan maupun pemerhati agar dapat bersama dan bersatu dalam satu tujuan melestarikan pusaka kearifan budaya warisan nenek moyang," jelasnya. 

Perwakilan panitia Pencak Malioboro Festival lainnya Yossy Poediono menyebut, selama dua hari pelaksanaannya agenda ini akan dimeriahkan dengan sejumlah acara dan juga lomba.

Di antaranya lomba koreografi pencak, bazar, workshop pencak silat, lomba videografi pencak silat, lomba mewarnai anak, panggung gebyar pencak silat, kalangan pencak, dan sambung rasa bersama Wakil Gubernur DIY Sri Paduka KGPAA Paku Alam X.  "Kegiatan nanti akan kami pusatkan di Taman Pintar, Nol KM Malioboro dan juga kompleks Kepatihan," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kabar Susunan Kabinet Prabowo, Gerindra: Belum Ada yang Resmi

News
| Minggu, 28 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement