Advertisement

Meneladani Sikap Nyi Ageng Serang Melalui Pembangunan SDM di Kulonprogo

Media Digital
Kamis, 09 November 2023 - 21:27 WIB
Mediani Dyah Natalia
Meneladani Sikap Nyi Ageng Serang  Melalui Pembangunan SDM di Kulonprogo Ketua DPRD Kulonprogo, Akhid Nuryati (Harian Jogja - Andreas Yuda Pramono)

Advertisement

JOGJA—Bangsa Indonesia menyambut Hari Pahlawan pada Jumat (10/11/2023 ini. Peringatan tersebut menjadi upaya mengenang jasa para pahlawan Indonesia.

Di Kulonprogo, satu pahlawan, yakni Nyi Ageng Serang pernah memimpin gerilya di sekitar Desa Beku, Kulonprogo pada masa Perang Diponegoro. Ketua DPRD Kulonprogo, Akhid Nuryati, mengatakan bahwa semangat perempuan pada khususnya di Kulonprogo untuk ikut berjuang memperjuangkan hidup sudah ada sejak dahulu kala.

Advertisement

“Saya juga akan menyampai­kan kepada seluruh perempuan di Kabupaten Kulonprogo bahwa sebagai apa pun mereka, dari dulu nenek moyang kita punya jiwa pahlawan,” kata Akhid ditemui di kantornya, Kamis (9/11/2023).

Baca Juga: Ini Dia Nilai Kepahlawanan Nyi Ageng Serang yang Belum Banyak Diketahui

Akhid menambahkan jiwa kepahlawanan itu dapat dilihat pada diri Nyi Ageng Serang ketika ikut berjuang melawan penjajah. Berbeda dengan dulu, penjajah saat ini telah mempunyai wujud baru yaitu kemiskinan.

Menurut dia, perempuan di Kulonprogo mampu meneladani kepahlawanan Nyi Ageng Serang termasuk para ibu rumah tangga.

“Hari ini ibu-ibu rumah tangga yang harus memerangi kemiskinan dan stunting ju­ga perlu punya semangat membara,” katanya.

Kemiskinan, kata Akhid, akan berdampak pada kondisi tubuh dan kecerdasan anak karena anak tersebut akan mengalami kesulitan dalam memproses informasi. Kondisi yang sering disebut tengkes tersebut akan menurunkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

“Angka kemiskinan di Kulonprogo masih 16,39 per­sen. Ini kan angka yang ma­sih sangat tinggi. Sedangkan angka stunting di Kulonprogo mengacu SSGI [survei status gizi Indonesia] masih 15,9 persen. Kita masih sangat prihatin [atas angka itu],” ucapnya.

Baca Juga: Makam Nyi Ageng Serang Dilenyapkan Proyek Orde Baru, Keberadaanya Kini Terkuak 

Semua Elemen

Lebih jauh, Akhid mengatakan agar anggaran Kabupaten Kulonprogo yang tergolong sedikit tidak dijadikan ganjalan dalam membangun Kulonprogo. Sebab upaya membangun Kulonprogo perlu disokong oleh semua warga.

“Jangan bergantung pada anggaran yang sedikit atau fasilitas yang tidak ada. Tergantung niat kita seperti apa,” lanjutnya.

Akhid juga menerangkan dewan selalu mendorong dinas teknis seperti Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) untuk me­ningkatkan layanan. Layanan tersebut dapat mengarahkan pada peningkatan kapasitas SDM terutama lulusan SMK.

Baca Juga: Kulonprogo Luncurkan Suvenir Jam Digital Berhias Nyi Ageng Serang

Menurutnya, pelatihan-pelatihan yang digelar Disnakertrans Kulonprogo perlu menyesuaikan perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat. Kebutuhan riil di masyarakat apabila dapat diakomodasi dapat memberikan output atau hasil keluaran yang jelas.

Sementara itu, Wakil Ketua I DPRD Kulonprogo, Ponimin Budi Hartono, mengatakan perlunya apresiasi kepada perempuan yang berjuang untuk memperjuangkan hidup termasuk kemajuan daerah.

“Patut kita contoh keteladanan Nyi Ageng Serang. Di Parlemen perempuan juga telah mengambil peran,” kata Ponimin. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Ibu-Ibu Dikenalkan Bisnis Sampingan

Ibu-Ibu Dikenalkan Bisnis Sampingan

Jogjapolitan | 1 hour ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bappenas Sebut Telah Masukkan Program Makan Siang Gratis ke Dalam RKP 2025

News
| Senin, 06 Mei 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement