Advertisement

Kota Jogja Tambah Ruang Laktasi di Kawasan Wisata

Alfi Annisa Karin
Senin, 13 November 2023 - 19:47 WIB
Sunartono
Kota Jogja Tambah Ruang Laktasi di Kawasan Wisata Peresmian ruang laktasi di Taman Pintar oleh Sekda Kota Jogja Aman Yuriadijaya, Senin (13/11/2023). - Istimewa/Pemkot Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemkot Jogja kembali menambah fasilitas ruang laktasi di kawasan Taman Pintar. Pengadaan ruang laktasi ini turut menggandeng Universitas Respati Yogyakarta (Unriyo) yang dikemas melalui program Ruang Sehati. Sementara, pendanaan juga turut dibantu oleh Paniradyapati Kaistimewaan DIY melalui Dana Keistimewaan.

Tak hanya di Taman Pintar, ruang laktasi juga sebelumnya ada di kawasan Teras Malioboro 2. Ruang laktasi ini berukuran 3x2 meter. Desain tampak luarnya berbentuk seperti gunungan wayang. Di dalamnya terdapat fasilitas, mulai dari AC, bed untuk bayi, kursi, dispenser, hingga fasilitas lainnya.

Advertisement

BACA JUGA : Cegah Pelanggaran Hak Ibu Hamil, Disnakertrans Gencar Sidak Perusahaan

Ketua Peneliti dan Inovator Ruang Sehati Unriyo, Giyawati Yulilania Okinarum menyebut ruang laktasi penting untuk diadakan di lokasi wisata. Menurutnya, jumlah ruang laktasi di ruang terbuka terbilang masih kurang. Wisatawan yang merupakan ibu menyusui kerap kesulitan menemukan lokasi untuk memberikan ASI pada anaknya.

“Konsep dari ruang laktasi portable ini untuk ruang menyusui di lokasi wisata terbuka, sehingga pada akhirnya kami mendesain ini untuk di out door supaya bisa digunakan oleh wisatawan ibu menyusui,” ujarnya usai meresmikan ruang laktasi di kawasan Taman Pintar, Senin (13/11).

Giyawati mengatakan, ruang laktasi sebelumnya telah ada di Teras Malioboro 2 di pintu barat dan timur. Usai dilakukan survei pada wisatawan ibu menyusui, hasilnya perlu dilakukan redesign. Ini menjadi perbaikan pada ruang laktasi di Taman Pintar.

Jika sebelumnya ruang laktasi terasa panas dan sempit, kini ruang laktasi dirasa lebih nyaman dan lebih luas. Inovasi ini, lanjutnya, berhasil diperkenalkan pada dua konfederasi bidan dunia yang dihadiri oleh ratusan negara.

“Sudah kami lakukan uji coba dan insya Allah sudah bisa digunakan dan kebermanfaatannya lebih luas bagi wisatawan ibu menyusui di Kota Jogja,” katanya.

Sekda Kota Jogja Aman Yuriadijaya mengaku mengapresiasi keberadaan ruang laktasi ini. Baginya, fasilitas ini sangat relate dengan situasi Taman Pintar yang kerap didatangi wisatawan keluarga. Apalagi, secara desain dan kenyamanan telah diperbaiki dari desain ruang laktasi sebelumnya. Dia berharap keberadaan ruang laktasi ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat.

“Kehadiran ruang laktasi di tempat publik memberikan kesempatan untuk seluruh pihak untuk tidak hanya memanfaatkan, tapi boleh memberikan komentar, boleh memberikan persepsi bahwa ruang egaliter pemerintah terhadap masyarakat dibuka secara luas. Jadi, pemerintah dan Unriyo memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menilai apa yang kita lakukan,” ujar Aman.

BACA JUGA : Teras Malioboro 2 Dilengkapi Ruang Laktasi

Rektor Unriyo Profesor Hari Kusnanto Josef akan mengupayakan penambahan ruang laktasi di ruang publik tersebut di beberapa titik di Kota Jogja melalui kolaborasi riset. “Karena ini merupakan bagian dari riset, nanti bisa pakai dana riset, prioritas penambahan di Kota Jogja dulu,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kelola Judi Online Cuaca77.com, 11 Orang Ditetapkan Tersangka

News
| Selasa, 30 April 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement