Advertisement

Berikut Progres Pembangunan Tol Jogja Solo di Atas Ring Road

Catur Dwi Janati
Sabtu, 18 November 2023 - 10:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Berikut Progres Pembangunan Tol Jogja Solo di Atas Ring Road Kontraktor pembangun tol Jogja-Solo Seksi 2 Paket 2.2 Trihanggo-Junction Sleman bersiap melakukan pengecoran di area Ring Road Trihanggo. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Progres proyek tol Jogja-Solo terus mengalami kemajuan. Termasuk rencana pembangunan jalan tol di atas ring road Jogja yang hingga kini terus dikebut.

Humas PT. Adhi Karya Pembangun Tol Jogja-Solo Seksi 2 Paket 2.2, Agung Murhandjanto menerangkan saat ini kegiatan pembongkaran separator belum tuntas dilakukan. Dia mengatakan masih ada separator pemisah lajur lambat dan lajur cepat yang belum dibongkar.

Advertisement

"Persenannya mungkin baru 20 persen itu yang lajur lambatnya, sisi barat sebelah selatan [yang dibongkar]," kata Agung  pada Jumat (17/11/2023).

BACA JUGA: Izin Penetapan Lokasi Tol Jogja-YIA Sudah Diajukan

Pembongkaran separator lajur lambat sejatinya baru digulirkan pekan ini. Sementara prioritas pengerjaan masih pada tahap pelebaran jalan di area ring road Trihanggo yang terdampak tol.  

"Melebarkan jalan yang satu meter itu kan harus kita padatkan, kita ada cor, lalu kita aspal ringan biar eksis. Jadi nanti ketika dilepas [separator] menambah luasannya," tuturnya. 

Dalam proses pelebaran jalan, pekerja proyek harus menggali tanah sedalam 50 centimeter. Tanah galian lalu dipadatkan, dicor dan diaspal nantinya. "Ini baru on proses. Kan sebelum kita lepas semuanya jalan itu pelebarannya harus siap," ujarnya.

Baca Juga: Tol Jogja-Solo dan Jogja-Bawen Beroperasi di 2024, Begini Standar Pemasangan Lampu Penerangannya

Tahap pelebaran jalan dilakukan kontraktor sebelum proyek penggarapan tiang penyangga tol melayang di atas ring road digulirkan. Dengan pelebaran jalan ini, diharapkan kendaraan masih bisa memiliki ruang melintas ketika proyek berlangsung. 

Adapun jalan yang dilebarkan meliputi sekitar 500 meter di timur simpang empat Kronggahan hingga tikungan Ngawen. Sementara saat ini progres pelebaran jalan telah memasuki tahap pengecoran di keempat sisi, yakni sisi barat sebelah selatan, sisi barat sebelah utara, sisi timur sebelah selatan dan sisi timur sebelah utara jalan ring road. "Baru ada proses pengecoran. Empat sisi barat dan timur," jelasnya. 

BACA JUGA: Jalan Tol Solo-Jogja-YIA Tersambung Sepenuhnya 2026

Agung menargetkan pekan depan tahap pengaspalan bisa dilakukan. Bila target itu bisa dicapai, pembongkaran separator bisa dilakukan lebih nyaman karena pengendara memiliki ruang lebih untuk melintas.  

"Semoga minggu depan kita pengaspalan. Kita aspal kemudian untuk melepas separatornya lebih nyaman," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Slamet Berstatus Waspada, Pendaki Diminta Patuhi Larangan

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 18:32 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement