Advertisement

14.500 Siswa SMA dan SMK di DIY Dapat Beasiswa Kartu Cerdas

Media Digital
Rabu, 22 November 2023 - 13:07 WIB
Ujang Hasanudin
14.500 Siswa SMA dan SMK di DIY Dapat Beasiswa Kartu Cerdas Penyerahan Beasiswa Kartu Cerdas secara simbolis oleh Sekda DIY Benny Suharsono kepada peserta didik, Rabu (22/11/2023) - Harian Jogja / Alfi Annissa Karin

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) DIY kembali meluncurkan Beasiswa Kartu Cerdas, Rabu (22/11/2023). Ini merupakan bantuan pendidikan bagi siswa SMA dan SMK kurang mampu di lingkup DIY. Beasiswa Kartu Cerdas juga merupakan cara Dinas Dikpora DIY untuk memastikan tak ada anak putus sekolah lantaran terkendala biaya.

Kepala Dinas Dikpora DIY Didik Wardaya menuturkan Beasiswa Kartu Cerdas ini rutin diluncurkan setiap tahunnya. Kali ini menelan anggaran sebesar Rp 21,75 milyar yang dialokasikan melalui dana keistimewaan (danais) tahun anggaran 2023.

Advertisement

"Tahun ini menyasar pada 14.500 siswa. Di SMA 6.500 siswa, SMK 8.000 siswa," ujarnya ditemui usai peluncuran Beasiswa Kartu Cerdas di Kantor Dinas Dikpora DIY, Rabu (22/11).

Didik mengatakan masing-masing siswa mendapatkan bantuan pendidikan sebesar Rp 1,5 juta yang dikirimkan melalui rekening. Penerima diperbolehkan untuk membelanjakan uang bantuan pendidikan, sepanjang untuk kebutuhan sekolah.

"Siswa juga bisa belajar terkait dengan kecerdasan finansial, mengatur keuangan, mengeluarkan sesuai kebutuhannya, tidak untuk hal-hal yang tidak berhubungan dengan permasalahan pendidikan," ungkapnya.

BACA JUGA: Ribuan Pelajar DIY Peroleh Manfaat Danais Lewat Beasiswa Kartu Cerdas

Sekda DIY Benny Suharsono mengaku mengapresiasi Beasiswa Kartu Cerdas. Ini merupakan wujud komitmen Pemprov DIY dalam meningkatkan akses dan kualitas pendidikan. Melalui bantuan pendidikan ini, diharapkan dapat turut meningkatkan mutu sumber daya manusia. Dia berpesan kepada para penerima Beasiswa Kartu Cerdas untuk bisa menggunakan dana bantuan dengan bijak dan bertanggung jawab.

"Ini adalah awal dari perjalanan baru membuka pintu kesempatan yang luar biasa, sehingga akan menjadi pijakan menuju masa depan gemilang," katanya.

Kepala SMAN 11 Jogja, Suhirno mengaku Beasiswa Kartu Cerdas sangat membantu siswa. Apalagi, sejak aturan zonasi diterapkan, pihaknya banyak menerima siswa dari kategori afirmasi.

"Harapannya, Beasiswa Kartu Cerdas nominalnya bisa ditambah sesuai dengan unit cost student. Untuk siswa, kekurangan biaya bukanlah suatu alasan dalam menempuh pendidikan. Pemerintah melalui kartu cerdas ini akan membantu siswa yang kekurangan ekonomi untuk meraih prestasi," ungkap Suhirno. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hujan Lebat dan Banjir Tewaskan 76 Orang di Kenya

News
| Minggu, 28 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement