Advertisement

Bansos Ratusan Miliar Rupiah Digelontorkan untuk Warga Kulonprogo, DPR Sidak

Andreas Yuda Pramono
Selasa, 28 November 2023 - 19:57 WIB
Arief Junianto
Bansos Ratusan Miliar Rupiah Digelontorkan untuk Warga Kulonprogo, DPR Sidak Ilustrasi penerima bansos. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Bantuan sosial (bansos) senilai ratusan miliar rupiah digelontorkan untuk masyarakat Kulonprogo. Sebagai bentuk pengawasan atas penyaluran bantuan itu, Komisi VIII DPR RI bersama Kementerian Sosial mendatangi Bumi Binangun, Selasa (28/11/2023).

Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial, Pepen Nazaruddin mengatakan bantuan yang disalurkan hari ini berupa bantuan sembako senilai Rp112,41 miliar; bantuan program keluarga harapan (PKH) senilai Rp105,52 miliar; dan bantuan atensi senilai Rp27 juta.

Advertisement

Kemudian masih ada bantuan program Pahlawan Ekonomi Nusantara (Pena) senilai Rp15 juta; dan bantuan atensi sembako Rp6 juta. “Total bantuan yang diberikan pada kunjungan kerja spesifik tersebut mencapai Rp217,98 miliar,” ucap Pepen, Selasa.

Sementara anggota Komisi VIII DPR RI, My Esti Wijayanti mengatakan pengentasan kemiskinan ekstrem yang ada di Kulonprogo dapat ditempuh, salah satunya dengan pengategorian usia produktif. “Kami akan pilah mana kemiskinan ekstrem yang bisa dinaikkan sehingga diharapkan mereka yang sebenarnya sangat produktif masih bisa didampingi untuk produktif. Mereka tidak hanya mendapatkan bantuan-bantuan PKH atau BPNT [Bantuan Pangan Nontunai] tetapi ada dukungan untuk usaha yang bisa dia lakukan,” kata Esti.

BACA JUGA: Puluhan Toko Kelontong di Sleman Dapatkan Bansos Bedah Warung

Dari dukungan tersebut, diharapkan warga yang masuk kategori miskin ekstrem dapat naik menjadi miskin. Pemerintah Pusat, kata dia, menargetkan angka kemiskinan ekstrem harus nol dalam beberapa tahun ke depan.

Dia menambahkan penyaluran bantuan, salah satunya Pena, dapat menjadi salah satu penanganan kemiskinan ekstrem. Pena diberikan kepada masyarakat yang tidak lagi mendapatkan bantuan sosial (bansos), melainkan fasilitas modal usaha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kasus Pemerkosaan dan Pelecehan Seksual Jadi Kasus Terbanyak di Mahkamah Syariyah di Aceh

News
| Selasa, 05 Maret 2024, 13:07 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Bidik Turis Portugal sebagai Pasar Pariwisata

Wisata
| Minggu, 03 Maret 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement