Advertisement

Ratusan Warga Gunungkidul Meninggal Dunia Akibat Terjangkit HIV-Aids

David Kurniawan
Jum'at, 01 Desember 2023 - 15:07 WIB
Sunartono
Ratusan Warga Gunungkidul Meninggal Dunia Akibat Terjangkit HIV-Aids HIV/AIDS - Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Kesehatan Gunungkidul mencatat hingga sekarang ada 972 kasus HIV/Aids. Adapun korban meninggal mencapai 152 orang.

Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular dan Zoonosis, Dinas Kesehatan Gunungkidul, Yuyun Ika Pratiwi mengatakan, kasus HIV/Aids di Gunungkidul terus bertambah. Namun, pertambahannya terus flutuatif dari tahun ke tahun.

Advertisement

Sejak 2006 hingga sekarang tercatat ada sebanyak 972 kasus. Rinciannya, pasien HIV sebanyak 662 orang dan kasus Aids sebanyak 310 orang.

BACA JUGA : Komunitas Harus Jadi Garda Terdepan Dalam Upaya Akhiri AIDS

Penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh ini bisa berujung fatal apabila tidak dilakukan pencegahan dan pengobatan. Pasalnya, hingga sekarang sudah ada 152 kasus kematian akibat HIV/Aids.

“Tentunya yang sudah terjangkit harus terus mendapatkan perawatan guna bertahan hidup,” kata Yuyun, Jumat (1/12/2023).

Dia menjelaskan, langkah paling efektif untuk penanggulangan dengan berperilaku seks yang sehat. Tidak bergonta-ganti pasangan sehingga mengurangi risiko penularan.

“Setia pada pasangan adalah cara paling ampuh untuk mengurangi risiko penularan. Selain itu, juga ada upaya skrining ke daerah rawan seperti lapas, tempat wisata dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Selain itu, dinas Kesehatan juga fokus penanganan pada ibu dan bayi sehingga rutin melakukan tes VCT pada saat kehamilan. “Tentu juga ada upaya notifikasi terhadap orang yang hidup dengan HIV/Aids,” katanya.

Diharapkan dengan berbagai upaya ini maka bisa mencapai target zero kasus baru dan kematian akibat HIV/Aids yang dicanangkan oleh Pemerintah Pusat. “Berbagai upaya terus dilakukan dengan sosialisasi ke Masyarakat. Tapi, untuk pelaksanaan juga membutuhkan partisipasi aktif dari Masyarakat,” katanya.

BACA JUGA : Transmisi HIV dari Ibu ke Anak Masih Terjadi di Indonesia

Hal tak jauh berbeda diungkapkan oleh Anggota Komisi D DPRD Gunungkidul, Ery Agustin S. Menurut dia, kasus HIV/Aids masih terus bertambah di setiap tahunnya sehingga mejadi perhatian serius untuk penanggulangan.

Menurut dia, upaya pencegahan sudah dilakukan dengan Menyusun raperda inisiatif tentang penanggulangan HIV/Aids. Regulasi ini bisa menjadi pedoman dalam pencegahan penyebaran penyakit ini.

“Sudah selesai dibahas dan sekarang masih proses fasilitasi oleh gubernur untuk kemudian bisa ditetapkan menjadi perda baru,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cegah Tawuran, Polisi Bubarkan Pemuda Nongkrong

News
| Minggu, 28 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement