Advertisement

Wisata ke Bantul Kini Lebih Mudah, Pemkab Siapkan Panduan Online

Lugas Subarkah
Minggu, 03 Desember 2023 - 21:47 WIB
Maya Herawati
Wisata ke Bantul Kini Lebih Mudah, Pemkab Siapkan Panduan Online Ilustrasi Simpang empat Tembi, jalan Parangtritis, Sewon, Bantul Kamis (7/9/2023). - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Musim liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) diprediksi akan banyak wisatawan yang berkunjung ke DIY termasuk Bantul. Untuk menjadi panduan bagi para wisatawan, Pemkab Bantul menyediakan beberapa platform.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Bantul, Bobot Ariffi`Aidin, menjelaskan beberapa fasilitasi mengenai update informasi wisata yag disediakan Pemkab Bantul di antaranya website bantulkab.go.id pada menu event untuk informasi event. Kemudian bantulpedia.bantulkab.go.id atau bantulpedia mobile yang menyediakan informasi seputar wisata Bantul.

Advertisement

“Kami juga melakukan peliputan dan pemberitaan melalui beberapa media sosial pemkab Bantul, di antaranya Facebook, Instagram, Twitter, Tiktok, Podcast, Bantul TV, juga koordinasi dengan teman-teman media masa untuk publikasi dan pemberitaan terkait dengan pariwisata Bantul,” ujarnya, Minggu (3/12/2023).

Adapun untuk pantauan CCTV, Pemkab Bantul juga menyediakan di website bantulkab.go.id/cctv.html yang bisa digunakan pengunjung untuk mengakses beberapa CCTV walau jumlahnya masih terbatas.

BACA JUGA: Lalu Lintas Gunungkidul Bisa Dipantau Secara Online, Ini Caranya

Beberapa lokasi pemasangan CCTV diantaranya makam Kotagede, Masjid Pajimatan Imogiri, simpang empat Pelemsewu, Sewon, Pasar Bantul, simpang tiga Sorowajan, simpang empat Druwo Ringroad selatan, simpang empat Paseban, TPR Parangtritis dan beberapa lainnya. Selain jumlah yang masih terbatas, beberapa CCTV juga terpantau mati.

Kepala Seksi Promosi dan Pelayanan Informasi Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Adi, mengatakan untuk mendapat informasi tentang pariwisata Bantul, para pengunjung bisa mengunduh aplikasi Jelajah Bantul. Aplikasi ini terintegrasi dengan Google Maps sehingga wisatawan bisa mendapat informasi rute yang harus dilalui versi Google Maps.

Dinas Pariwisata Bantul juga menggunakan kode bar yang dicetak dalam bentuk brosur dan baliho, untuk memberikan informasi wisata Bantul. “Lewat Instagram dan Youtube, kami membuat program SOWAN, sambang obyek wisata andalan Bantul,” katanya.

Kepala Dinas Perhubungan Bantul, Singgih Riyadi, mengatakan untuk musim liburan Nataru tidak ada program khusus dalam bentuk konten media sosial. Meski demikian pihaknya akan menerapkan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan di sepanjang jalur wisata.

“Kami sudah siapkan rencana rekayasa lalu lintas. Namun demikian kami masih menunggu koordinasi menyeluruh dengan Dishub DIY dan kepolisian. Mudah-mudahan pekan depan sudah ada koordinasi dan segera kami sosialisasikan kepada masyarakat,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kasus Pemerkosaan dan Pelecehan Seksual Jadi Kasus Terbanyak di Mahkamah Syariyah di Aceh

News
| Selasa, 05 Maret 2024, 13:07 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Bidik Turis Portugal sebagai Pasar Pariwisata

Wisata
| Minggu, 03 Maret 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement